Entertainment

Fantastis! Budget 'The Lord of the Rings' Capai USD 465 Juta Untuk Satu Season

"Ini akan menjadi serial televisi terbesar yang pernah dibuat" –Stuart Nash

Jingga Irawan

Posted on April 17th 2021

Serial televisi The Lord of the Rings yang dibuat oleh Amazon Studios menelan biaya produksi yang fantastis hanya untuk satu season. Tak tanggung-tanggung The Hollywood Reporter mengonfirmasi bahwa Amazon akan menghabiskan sekitar USD 465 juta (IDR 6,7 triliun) untuk mengerjakan drama fantasi Middle Earth tersebut.

Angka pembuatan drama fantasi itu jauh di atas perkiraan sebelumnya yakni USD 500 juta untuk beberapa season. Padahal, jumlah tersebut juga sebenarnya telah memecahkan rekor dan menjadikan The Lord of the Rings sebagai serial televisi terbesar yang pernah dibuat.

"Yang bisa saya katakan adalah Amazon akan menghabiskan sekitar NZD 650 juta atau sekitar USD 465 di musim pertama saja, ini luar biasa, sungguh, ini akan menjadi serial televisi terbesar yang pernah dibuat,” kata Stuart Nash, menteri pembangunan ekonomi dan pariwisata Selandia Baru, kepada Morning Report. Mengingat lokasi syuting serial tersebut mengambil tempat di Selandia Baru.

Sebagai perbandingan, Game of Thrones milik HBO menghabiskan biaya sekitar USD 100 juta untuk produksi per-season, dengan biaya per-episode mulai dari sekitar USD 6 juta untuk season pertama dan akhirnya naik menjadi sekitar USD 15 juta per episode di season delapan.

Meskipun jumlahnya sudah terlihat besar, biaya Lord of the Rings tidak mencakup keseluruhan pengeluaran. Ada biaya lain yang dibutuhkan untuk menghidupkan dunia Middle Earth, seperti latar tempat, kostum, dan properti yang akan digunakan di seluruh seri.

Amazon mengambil hak atas waralaba Middle Earth milik J.R.R Tolkien pada tahun 2017, dan pada awalnya diperkirakan acara itu bisa menjadi serial televisi pertama di dunia yang menghabiskan biaya USD 1 miliar, setelah memperhitungkan kesepakatan hak, produksi, dan pemasaran untuk beberapa musim.

Drama epik ini berlatar ribuan tahun sebelum peristiwa The Hobbit yang bakal membawa penonton kembali ke era di mana kekuatan besar datang, kerajaan bangkit menuju kemuliaan dan jatuh dalam kehancuran serta penjahat terbesar dengan kekuatan magis akan menghantui seluruh negeri.

Pemeran besar termasuk Robert Aramayo (Game of Thrones), Owain Arthur (Kingdom), Nazanin Boniadi (Counterpart), Ismael Cruz Cordova (The Catch), Joseph Mawle (Game of Thrones) J.D. Payne dan Patrick McKay (Star Trek 4) dikonfirmasi akan bermain dalam serial mahal tersebut.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
'The Letter for the King', Serial Baru Netflix yang Cocok buat Fans 'GOT'

Entertainment
Asyik, Film “Lord of The Rings” dan “The Hobbit” Bakal Hadir Versi Blu-ray Ultra

Entertainment
First Look Pertama Serial Prekuel ‘The Lord of the Rings’ Akhirnya Dirilis