Current Issues

Mau Nonton Bioskop Aman di Tengah Pandemi? Ikuti Saran Ahli Ini...

Dwiwa

Posted on April 16th 2021

Siapa yang sudah mencoba untuk nonton di bioskop selama masa pandemi Covid-19? Atau kalian masih ragu-ragu dan memilih untuk memendam dalam-dalam keinginan nonton bioskop? Sebagian dari kita mungkin juga masih bertanya-tanya soal keamanan saat menonton bioskop di tengah pandemi.

 

Analis Medis CNN Dr. Leana Wen mengatakan jika kalian bisa menelpon bioskop atau melihat di situs mereka untuk mengetahui protokol seperti apa yang diterapkan, misalnya saja jika diharuskan memakai masker sepanjang waktu selama berada di sana. Termasuk mungkin melakukan reservasi dan check-in online.

"Bioskop di ruang kecil dengan langit-langit rendah sangat berbeda dengan bioskop besar dengan langit-langit tinggi dan ventilasi yang baik. Jadi lihat protokol seperti apa yang dimiliki untuk jarak fisik. Idealnya setidaknya ada jarak 6 kaki antara kalian dan orang lain. Jika tidak, saya tidak akan pergi kecuali sudah divaksin," ujar Wen.

Selain itu, jagalah jarak setidaknya 1,8 meter dari orang lain di lingkungan bioskop, seperti lobi. Cuci tangan atau gunakan hand sanitizer sebelum dan setelah masuk bioskop. Jangan lupa tanyakan ke karyawan apakah bioskop dibersihkan secara rutin serta membawa tisu pembersih untuk membersihkan benda-benda seperti lengan kursi jika diperlukan.

Regina Davis Moss, direktur eksekutif kebijakan dan praktik kesehatan di American Public Health Association tidak menyarankan untuk makan popcorn dan minum soda di bioskop seperti sebelum pandemi. Sebab, makan dan minum berarti membuat kalian membuka masker, yang itu bisa meningkatkan risiko penularan virus.

"Jika kamu melakukannya, ada potensi terpapar. Sejauh yang kalian bisa, aku akan membatasi makan di sana,” tambahnya. Hal ini pun diamini oleh Wen yang akan merasa lebih tenang di bioskop yang melarang makan atau minum. 

Yah, biar bagaimanapun, di masa pandemi Covid-19 saat ini tidak ada satu tempat pun yang benar-benar bebas risiko ya. Hal terpenting adalah tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat agar risiko Covid-19 bisa lebih diminimalisir. 

Artikel Terkait
Current Issues
Siap-Siap di Penjara Dua Tahun Jika Langgar Protokol Kesehatan di Ethiopia

Current Issues
Waduh, Jaga Jarak 1,8 Meter di Ruangan Tak Lagi Efektif Cegah Covid-19?

Current Issues
Hindari Tempat-Tempat Ini Jika Belum Vaksin