Current Issues

CDC: Mengosongkan Kursi Tengah Pesawat Kurangi Risiko Covid-19 Sampai 57 Persen

Dwiwa

Posted on April 15th 2021

 

Banyak upaya dilakukan agar moda transportasi bisa kembali beroperasi dan mengangkut penumpang. Berbagai upaya pencegahan pun sudah dilakukan agar tidak terjadi penularan Covid-19 selama perjalanan. Dan ternyata, mengosongkan kursi tengah pada pesawat ternyata bisa menurunkan risiko terpapar sampai 57 persen.

Dilansir dari Reuters, penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dan Kansas State University menemukan jika kursi pesawat tengah yang kosong dapat mengurangi risiko terpapar virus corona sebesar 23 persen sampai 57 persen jika dibandingkan dengan penerbangan penuh.

Temuan ini didasarkan pada permodelan laboratorium paparan SARS-Cov-2, virus penyebar Covid-19, pada pesawat lorong tunggal dan lorong ganda pada November 2020.

Penelitian ini didukung oleh hasil penyelidikan terpisah tentang penularan virus corona pada penerbangan internasional 10 jam pada Maret 2020. di mana 16 orang terinfeksi, kata mereka. Studi itu menemukan 75 persen penumpang yang terinfeksi duduk dalam jarak dua baris dari penumpang yang bergejala.

Maskapai penerbangan Amerika memblokir kursi tengah di awal pandemi, tetapi secara bertahap telah membukanya kembali. Mereka berpeganga pada sebuah penelitian yang menunjukkan risiko penularan rendah jika semua orang di dalam pesawat memakai masker. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Kecerdasan Buatan Bisa Jadi Solusi untuk Perjalanan Lebih Aman Saat Pandemi

Current Issues
Kabar Baik! Setelah Pfizer, Vaksin Covid-19 dari Moderna Aman untuk Remaja

Current Issues
Sistem Ventilasi Pesawat Modern Tidak Menyebarkan Covid-19, Tapi ...