Tech

Spotify Kini Mungkinkan Pengguna Unduh Konten di Desktop, Bisa Didengar Offline

Untuk pengguna premium tentunya~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 15th 2021

(Foto: Spotify)

Kabar baik buat kalian yang suka sibuk dengan laptop dan nggak bisa lepas dari musik. Pengguna Spotify desktop kini bisa mengunduh lagu dan podcast untuk didengar tanpa internet alias offline. Fitur ini bisa didapat kalau kamu sudah memperbarui aplikasi ke versi terbaru ya.

Fitur offline ini memang sudah umum di aplikasi mobile, baik di Android atau iOS. Untuk desktop juga sama kok, hanya pengguna premium yang bisa mengunduh playlist buat didengar tanpa koneksi internet.

Cara kerjanya gampang. Tinggal klik aja tombol unduh di bagian album atau playlist. Kamu bisa mengumpulkan sederet lagu yang kamu mau dalam satu playlist, terus mengunduhnya deh. Asyik banget buat kamu yang gak bisa lepas sama musik di mana pun dan kapan pun. Atau buat kamu yang punya kuota minim, bisa deh unduh dulu playlist andalanmu di lokasi yang menyediakan WiFi gratis terus didengar nanti.

(Foto: Spotify)

Buat kamu yang suka dengar podcast, fitur offline ini juga memungkinkan kalian buat mengunduh podcast favorit kalian kok. Nggak perlu khawatir deh kehabisan konten buat didengar pas internet lagi gak tersedia. Mantap bukan?

Selain fitur offline, Spotify juga memperbarui tampilan beranda dan mempermudah kita mengatur playlist. Bagian home kini menampilkan lebih banyak konten yang baru kita dengar atau yang berkaitan sama yang kita dengar.

Kalau biasanya kita harus scroll-scroll ke bawah buat mengetahui seisi beranda, kini semua shortcut tampil sekaligus. Kita juga bisa kok mengatur konten yang muncul di home. Misalnya menampilkan konten yang baru kita dengar sesuai urutan waktu, urutan abjad, konten yang baru ditambahkan, atau atur sendiri mau ditampilkan seperti apa.

(Foto: Spotify)

Buat mengatur playlist juga dibuat jadi lebih mudah. Kita tinggal buat playlist, lalu tambahkan lagu yang kita mau dari search bar—tanpa meninggalkan halaman playlist. Tinggal klik add ke lagu yang kita mau, masuk deh lagunya di playlist kita. Kalau lagi dengar lagu random terus ketemu satu yang disukai, tarik aja judulnya ke bagian playlist, masuk deh lagunya. Nggak perlu banyak klik lagi!

(Foto: Spotify)

Nah, buat kamu yang pengin merasakan sederet fitur baru ini, tunggu aja notifikasi update yang bakal muncul di Spotify desktop kalian. Setiap pengguna bisa mendapat notifikasi dalam waktu yang berbeda, tapi bakal tersedia secara global dalam beberapa minggu ke depan. (*)

Artikel Terkait
Tech
Spotify Bakal Update Tampilan Home, Bisa Lihat Progress Dengar Podcast

Tech
Spotify Punya Fitur Rekomendasi Musik Berdasarkan Emosi dan Lingkungan Sekitarmu

Tech
Lagi-Lagi Fitur Ini, Spotify Uji Coba Fitur Mirip Story Buat Beberapa Artis Hits