Current Issues

Studi: Varian Covid-19 Inggris Tidak Separah yang Ditakutkan

Dwiwa

Posted on April 13th 2021

Ketika ditemukan pertama kali di Inggris, varian baru virus Covid-19 diyakini lebih menular dan menimbulkan keparahan yang lebih dibanding varian asli. Tetapi menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet Infectious Disease pada Senin, kekhawatiran tersebut tak terbukti.

Dilansir dari Reuters, strain yang dikenal dengan B117 ini diidentifikasi di Inggris akhir tahun lalu. Varian ini bahkan sudah menyebar ke puluhan negara termasuk Indonesia, dan disebut oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menjadi strain paling umum di Amerika Serikat.

Studi tersebut menganalisis 496 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit Inggris pada November dan Desember tahun lalu. Pasien yang terinfeksi B117 dan varian lain kemudian dibandingkan. Hasilnya, para peneliti tidak menemukan perbedaan dalam risiko penyakit parah, kematian, atau hasil klinis lainnya pada pasien yang terinfeksi B117 atau varian lain.

“Data kami, dalam konteks dan keterbatasan studi dunia nyata, memberikan kepastian awal bahwa tingkat keparahan pada pasien yang dirawat di rumah sakit dengan B117 tidak jauh berbeda dari keparahan mereka yang tidak terinfeksi virus tersebut,” jelas peneliti dalam studi tersebut.

Sebuah studi terpisah yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet Public Health menemukan bahwa vaksin kemungkinan besar efektif melawan varian Inggirs. Ini karena tidak ada peningkatan yang jelas dalam tingkat infeksi ulang bila dibandingkan dengan varian non-Inggris.

Menurut ilmuwan Inggris, varian Inggris sekitar 40 persen sampai 70 persen lebih dapat ditularkan daripada varian dominan sebelumnya. Studi juga mengonfirmasi temuan sebelumnya bahwa B117 lebih mudah menular.

Nah, meskipun hasil studi menunjukkan varian asal Inggris ini tidak menyebabkan keparahan seperti yang dikhawatirkan, mematuhi protokol kesehatan tetap harus dilakukan ya. Sebab, varian yang sudah masuk di Indonesia ini lebih mudah menular sehingga kelalaian kita bisa menjadi bahaya untuk diri sendiri maupun orang lain. (*)

Related Articles
Current Issues
Varian Virus Corona B117 Sudah di Indonesia, Bagaimana Agar Tidak Tertular?

Current Issues
Mutasi Virus Corona Eek Muncul di Indonesia, Selalu Patuhi Protokol Kesehatan

Current Issues
Perketat Protokol Kesehatan! Covid-19 Varian Inggris Terdeteksi di Indonesia