Tech

Smartphone Masa Depan Mungkin Dilengkapi Dengan Pendeteksi Virus Bawaan

Dwiwa

Posted on April 11th 2021

 (Ubergizmo)

Perkembangan teknologi  begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir, terutama teknologi medis yang terus berinovasi. Tengok saja smartwatch yang kini sudah dilengkapi dengan sensor detak jantung, oksigen darah, dan bahkan monitor EKG. Dan tampaknya, ada kemungkinan ponsel cerdas di masa depan juga dapat mendeteksi Covid-19.

Dilansir dari Ubergizmo, hal ini berkat kerja para peneliti di General Electric, yang baru-baru ini dianugerahi hibah oleh National Institute of Health. Mereka akan mengembangkan sensor yang dapat disematkan pada ponsel pintar yang mungkin bisa digunakan untuk mendeteksi berbagai hal seperti Covid-19.

Menurut tim peneliti, mereka menyebut sensor yang dimiliki mempunyai kemampuan deteksi yang sama dengan instrumen analitik yang lebih besar yang mungkin ditemukan di laboratorium. Mereka juga mengklaim bahwa sensor mereka cukup sensitif sehingga mampu mengisolasi partikel virus tanpa gangguan dari elemen lain.

Meski begitu, jangan berharap dapat melihatnya dalam waktu dekat ya. Hal ini dikarenakan tim membutuhkan beberapa tahun ke depan untuk menyempurnakan teknologi. Ada pula kemungkinan jika teknologi ini belum tentu dilirik oleh para produsen ponsel.

Tetapi dengan adanya hal ini, menunjukkan jika di masa depan kita mungkin dapat memperingatkan kita akan adanya zat biologis berbahaya di udara. (*)

 

Related Articles
Tech
Kenalkan, Ini Grace, Robot Perawat yang Lahir Saat Pandemi Covid-19

Tech
Tak Perlu Dipencet, Alarm.com Kenalkan Bel Pintu Video Tanpa Sentuh

Current Issues
Keren, Jepang Bikin Alat Revolusioner untuk Cuci Tangan dan Sterilkan Ponsel