Tech

NASA Bakal Bawa Orang Kulit Berwarna Pertama ke Bulan dalam Misi Artemis

Jingga Irawan

Posted on April 10th 2021

NASA sebelumnya telah mengumumkan bahwa misi Artemis III akan menempatkan seorang perempuan di permukaan Bulan pada 2024. Untuk itu, badan antariksa tersebut memperkenalkan 18 astronot yang akan menjadi staf misi Artemis pada November lalu. Kelompok astronot tersebut terdiri dari beberapa orang Asia. Di antaranya ada sembilan perempuan.

Baru-baru ini, Pejabat administrator NASA Steve Jurczyk mengatakan, di bawah administrasi Presiden Biden,  misi Artemis telah memiliki tujuan baru. Selain untuk mendaratkan perempuan pertama di Bulan, misi tersebut juga akan mengirim orang kulit berwarna pertama ke bulan. Sebab sejauh ini, penduduk Bumi yang telah menginjakkan kaki ke permukaan Bulan masih orang kulit putih saja.

"Permintaan kebijaksanaan presiden meningkatkan kemampuan NASA untuk lebih memahami Bumi dan memantau lebih lanjut serta memprediksi dampak perubahan iklim. Ini juga memberi kami sumber daya yang diperlukan untuk terus memajukan rencana eksplorasi ruang angkasa bipartisan Amerika ke Mars, termasuk mendaratkan perempuan pertama dan orang kulit berwarna pertama di Bulan di bawah program Artemis,” kata Jurczyk dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Verge.

Administrasi Biden telah mengumumkan rincian anggaran USD 2,25 triliun, di mana sebanyak USD 24,7 miliar di antaranya digunakan untuk pengembangan dan misi NASA. Termasuk mendanai Artemis. Sampai saat ini, belum diketahui siapa perempuan dan orang kulit berwarna yang akan ditempatkan NASA di bulan.

Dengan begini, misi Artemis I yang rencananya dilakukan sebelum akhir 2021 akan melibatkan pengujian Sistem Peluncuran Luar Angkasa dan pesawat ruang angkasa Orion tak berawak. Selanjutnya, misi Artemis II akan mengirim awak ke orbit pada 2023, tetapi tidak melakukan kontak pendaratan di Bulan. Sedangkan, misi Artemis III akan mengirim astronot, termasuk perempuan pertama dan orang kulit berwarna ke bulan pada 2024. (*)

Artikel Terkait
Tech
NASA Umumkan 10 Kandidat Astronot yang Akan Terbang ke Bulan

Tech
Kenalan Yuk dengan Manekin yang Akan Terbang ke Bulan Bareng NASA

Tech
Blue Origin Protes Kontrak NASA Senilai USD 2,9 Miliar dengan SpaceX