Korea

Puluhan Agensi Protes Soal Aturan Tunda Wamil yang Berlaku Buat BTS

Delima Pangaribuan

Posted on April 9th 2021

 
Kementerian Pertahanan Nasional Korea Selatan mengeluarkan aturan baru awal tahun ini. Figur publik laki-laki yang memberi kontribusi besar ke negara boleh menunda wajib militer. Kebijakan ini dibikin menyusul masa batas akhir wamil untuk member tertua BTS, Jin.
 
Aturan itu jadi angin segar buat BTS dan ARMY. Tapi ternyata banyak agensi yang ngerasa gak terima. Melansir AllKpop, sebanyak 26 agensi melayangkan protes terkait aturan penundaan wamil tersebut. Menurut mereka, gak adil kalau aturan ini cuma dibikin dan diperuntukkan bagi BTS.
 
Protes tersebut diwakili oleh Korea Music Content Association (KMCA) dengan memasukkan pernyataan keberatan secara resmi ke pemerintah. Aturan itu sendiri baru akan efektif pada 23 Juni 2021, jadi mulai sekarang agensi-agensi hiburan di Korsel berusaha menyuarakan pendapat mereka agar ada revisi terkait aturan ini sebelum dilaksanakan.

 
"KMCA bersama 26 agensi yang merupakan anggota meminta Military Service Act untuk berkontribusi kepada perkembangan Kpop dan peningkatan wibawa nasional," jelas KMCA dalam pernyataan mereka.
 
Berdasarkan aturan ini, figur yang bisa mengajukan penundaan wajib militer adalah mereka yang sudah mendekati usia batas dan telah direkomendasikan oleh Kementerian Budaya, Olahraga, dan Pariwisata atas kontribusinya bagi negara.
 
Menurut KMCA, persyaratan untuk mendapat rekomendasi berupa Order of Cultural Merit itu terlampau sulit dan rasanya gak mungkin dilakukan oleh idol yang rata-rata berusia belasan hingga 20-an. 

 
"Sangat sulit bahkan hampir tidak mungkin bagi orang yang berada di usia 20-an menerima Order of Cultural Merit karena salah satu kriterianya adalah telah aktif di dunia budaya pop dan seni selama lebih dari 15 tahun," lanjut KMCA.
 
Sampai artikel ini ditulis, belum ada kepastian mengenai perubahan atau pemberlakuan aturan ini dari pemerintah Korea Selatan. Kita tunggu saja kabar selanjutnya ya, dan usahakan gak komentar macam-macam terutama fans BTS karena ini menyangkut kebijakan negara mereka. (*)
 
Related Articles
Korea
Sudah Masuk Batas Akhir Usia Wamil, Masa Tugas Jin BTS Ditunda Tahun Depan

Korea
Aturan Baru Soal Wamil, Akankah Berlaku ke Grup Selain BTS?

Korea
BTS Diprediksi Wamil Bareng Awal 2022, Ini Kata Big Hit Music