Hobi

(SPOILER!) Manga AOT Berakhir, Fans Apresiasi Isayama Hajime Meski Sedih

Delima Pangaribuan

Posted on April 9th 2021

(Kodansha, Twitter)

Hari ini, 9 April 2021, menjadi hari bersejarah bagi pecinta kisah Attack On Titan atau Shingeki No Kyojin. Manga yang dimulai 2009 lalu itu resmi berakhir di chapter 139. Meski sudah muncul leaks atau bocoran sejak beberapa hari lalu, penggemar tetap antusias menantikan manganya dirilis secara resmi.

Meski ending-nya cukup menguras air mata, fans tetap mengucapkan terima kasih kepada Isayama Hajime karena telah menulis kisah seindah dan setragis Attack On Titan. Tagar #ThankYouIsayama dan #ThankYouHajimeIsayama menjadi trending sejak Kamis malam di Twitter, bersama dengan nama-nama tokoh sentral dari cerita tersebut.

(SPOILER ALERT!! Jika kalian tim anime only atau belum baca manganya, berhenti di sini.)

Isayama memang dikenal sebagai mangaka yang cukup 'berani' dan tega 'membantai' tokoh-tokohnya sampai fans sering kecewa dan sedih. Tapi kayaknya gak ada yang mengalahkan sedihnya fans atas kematian karakter utama kesayangan kita, Eren Yeager.

Setelah kepalanya ditembak Gabi Braun pada chapter 119, Eren sempat dikira mati tapi kalau iya tentu saja ceritanya tidak akan berlanjut.

Kemudian pada chapter 137, dia kembali disangka mati saat Armin Arlert dan Reiner Braun meledakkan titannya yang berbentuk tulang raksasa. Tapi boong. Eren kembali berubah jadi Titan Kolosal dan terbukti masih hidup.

Hanya di saat terakhir ini, mungkin karena memang udah penghabisan manganya, Isayama akhirnya memparipurnakan kematian Eren di tangan Mikasa Ackerman.

Banyak penggemar yang kemudian agak kecewa sama ending ini. Tapi kalau ditilik ke belakang, memang rasanya kematian adalah solusi yang tepat buat Eren. Setelah pengorbanannya itu, dunia akhirnya berubah jadi seperti yang dia harapkan. Yakni dunia tanpa titan.

Isayama sendiri pernah menyampaikan kalau dia sudah memikirkan ending sejak awal menggambar Attack On Titan, kemungkinan besar ending tragis seperti inilah yang ada di benak sang mangaka.

Meski ending-nya sedih untuk kedua tokoh utama, tapi tokoh yang lainnya mendapatkan happy ending. Setidaknya fans masih terhibur karena bisa melihat lagi para kadet 104 yang kembali menjadi manusia dan hidup normal.

Kemudian jangan lupa, husbu sejuta umat Levi Ackerman terbukti masih bertahan hidup. Panjang umurnya, panjang umurnya, panjang umurnya Levi Ackerman, Levi Ackerman, Levi Ackerman~ (*)

Artikel Terkait
Hobi
Naskah Chapter Terakhir AOT Rampung, Siap Terbit 9 April  

Hobi
Isayama Hajime Tuntaskan Shingeki no Kyojin Chapter 130

Hobi
Premiere 'Attack On Titan' Banjir Penonton, Dua Situs Streaming Langsung Crashed