Tech

Twitter Berusaha Akuisisi Clubhouse dengan Tawaran Senilai Rp 58 Triliun

Jingga Irawan

Posted on April 8th 2021

(Getty Images)

Twitter baru-baru ini dikabarkan sedang melakukan pembicaraan dengan Clubhouse seputar potensi akuisisi platform jaringan live audio drop-in, dengan nilai kesepakatan sekitar USD 4 miliar atau setara dengan Rp 58,2 triliun, sebagaimana diberitakan oleh Bloomberg, pada Kamis (8/4).

Diskusi dikabarkan berlangsung selama beberapa bulan belakangan. Namun, tampaknya pembicaraan tersebut sudah berakhir dengan alasan dan hasil yang tidak diketahui. Sebelumnya, hanya dalam beberapa hari lalu, Bloomberg juga mengabarkan bahwa Clubhouse sedang berusaha untuk mengumpulkan pendanaan dengan nilai sekitar USD 4 miliar.

Sayangnya, pemberitaan Bloomberg mengenai pembicaraan akuisisi menunjukkan bahwa diskusi dengan Twitter telah runtuh lebih awal. Sehingga perusahaan sepertinya harus mendapatkan tambahan investasi dengan cara lain. Ketika ditanya mengenai upaya akuisisi dan potensi kesepakatan, baik Clubhouse dan Twitter kompak untuk tidak menanggapi.

"Kami tidak mengomentari rumor atau spekulasi,” kata perwakilan Twitter.

Twitter sebenarnya telah memiliki fitur yang sangat mirip dengan Clubhouse, Spaces, fitur ruang obrolan audio drop-in yang telah diluncurkan secara bertahap ke basis penggunanya selama beberapa bulan terakhir.

Daya tarik awal Clubhouse memang luar biasa, tetapi banyak pengamat teknologi yang meragukan umur platform milik Alpha Exploration tersebut. Apalagi, platform besar seperti Twitter dan Telegram telah membuat fitur serupa.

Clubhouse diluncurkan pada April 2020 dan telah memiliki lebih dari 15 juta penginstalan aplikasi hingga saat ini, menurut perusahaan riset Sensor Tower. Layanan ini memungkinkan pengguna mengadakan diskusi live audio drop-in undangan dengan ratusan atau bahkan ribuan pengguna. (*)

 

Related Articles
Tech
Twitter Akan Rilis 3 Fitur Baru, Konten Berbayar sampai Fitur Mirip Clubhouse

Tech
Bulan Depan, Clubhouse Bakal Ada di Android?

Tech
Hari ini, Twit Pertama Bos Twitter Berusia 15 Tahun