Current Issues

Infeksi Baru Terus Meningkat, Kasus Kematian Akibat Covid-19 Dunia Tembus 3 Juta

Dwiwa

Posted on April 7th 2021

Berdasar penghitungan Reuters, jumlah kematian dunia akibat Covid-19 telah menembus angka 3 juta pada Selasa (6/4). Peningkatan kasus kematian ini seolah menunjukkan arah yang berbeda dengan hasil yang diupayakan dengan vaksinasi di seluruh dunia. 

Dilansir dari Reuters, peningkatan kasus kematian Covid-19 di seluruh dunia kembali meningkat, terutama Brasil dan India. Pejabat kesehatan menyalahkan varian baru yang lebih menular yang pertama dideteksi di Brasil dan Afrika Selatan. Selain itu juga adanya kelelahan publik dengan lockdown serta pembatasan lainnya.

Berdasarkan hitungan Reuters, jumlah kasus kematian Covid-19 menyentuh angka 2 juta dalam kurun waktu satu tahun. Tetapi angka tersebut bertambah 1 juta menjadi 3 juta hanya dalam kurun waktu skeitar 3 bulan saja.

Reuter mencatat Brasil menjadi negara dengan jumlah rata-rata kematian harian tertinggi yang dilaporkan. Negara ini juga menyumbang satu dari setiap empat kematian di seluruh dunia setiap hari.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui kondisi Brasil yang sedang kritis dengan sistem perawatan kesehatan yang kewalahan. Ahli Epidemiologi WHO Maria Van Kerkhove menyebut jika banyak unit perawatan intensif rumah sakit penuh lebih dari 90 persen.

Di India, rekor peningkatan infeksi terjadi pada Senin menjadikan negara tersebut di posisi kedua setelah Amerika Serikat yang mencatat penambahan lebih dari 100 ribu kasus Covid-19 baru dalam  sehari.

Sementara wilayah Eropa, yang termasuk 51 negara, menjadi daerah dengan jumlah kematian tertinggi yakni hampir 1,1 juta. Lima negara termasuk Inggris, Rusia, Prancis, Italia, dan Jerman merupakan  penyumbang sekitar 60 persen dari total kematian terkait virus corona di Eropa.

Amerika Serikat memiliki jumlah  kematian tertinggi di negara manapun di dunia. Sebanyak 555 ribu orang telah meninggal akibat Covid-19 dan menyumbang sekitar 19 persen dari semua kematian akibat Covid di dunia.

Kasus telah meningkat selama tiga minggu terakhir di negara tersebut, tetapi pejabat kesehatan percaya jika kampanye vaksinasi cepat yang dilakukan bisa mencegah kematian. Sepertiga populasi di Amerika telah menerima setidaknya satu dosis vaksin.

Sementara di Indonesia, kasus kematian juga tercatat tinggi terhitung pada Sabtu (4/4) sampai Minggu (5/4) pukul 12.00 WIB. Dalam waktu sehari, ada 427 orang dilaporkan meninggal karena Covid. Berdasarkan catatan situs resmi pemerintah, ada 41.977 orang meninggal akibat Covid hingga Selasa (6/4).

Berdasar catatan perusahaan penyedia data dan penelitian Our World Data, setidaknya 370,3 juta orang atau hampir 4,75 persen dari populasi global telah menerima satu dosis Covid-19 pada Minggu.

Meski begitu, WHO mendesak negara-negara untuk menyumbang lebih banyak vaksin yang disetujui untuk membantu memenuhi target vaksinasi bagi yang paling rentan di negara-negara miskin. (*)

Related Articles
Current Issues
Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Sebelum dan Sesudah Vaksin?

Current Issues
Dear Warga +62, Hanya Sepertiga Target Vaksin Covid-19 yang Bakal Gratis

Current Issues
Fakta-Fakta Vaksin Covid-19 AstraZeneca yang Sudah Tiba di Indonesia