Tech

TikTok Akan Rilis Fitur Auto-Caption, Bisa Buat Subtitle Otomatis di Tiap Video

Lebih ramah buat teman Tuli atau orang dengan gangguan pendengaran.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 7th 2021

(Mengandung gambar dari TikTok)

TikTok memang aplikasi dengan pengguna yang superbanyak, nggak heran platform ini terus berusaha meningkatkan pengalaman setiap pengguna. Kali ini aplikasi video singkat tersebut sedang menyiapkan fitur Auto-Caption, pembuat subtitle otomatis untuk pengguna Tuli atau orang yang memiliki gangguan pendengaran.

Auto-Caption ini akan otomatis mentranskripsi audio sebuah video di halaman edit video. Setelah audio ditranskripsi jadi teks, kreator bisa mengedit caption tersebut siapa tahu ada kata-kata yang kurang tepat. Sementara ini TikTok hanya bisa mendeteksi bahasa Inggris (Amerika) dan Jepang, tapi akan menambahkan bahasa lain dalam beberapa bulan ke depan.

(Foto: TikTok)

Fitur ini bakal berguna banget buat pengguna yang punya masalah pendengaran dan orang-orang yang mau tetap scrolling TikTok tanpa suara. Misalnya lagi menonton di perpustakaan, kan gak boleh berisik tuh.

Bisa juga buat yang nggak begitu lancar di bahasa yang ada di video tertentu, bisa lebih terbantu karena ada bentuk teksnya. Setidaknya bisa tetap paham apa yang lagi dibicarakan walaupun nggak bisa dengar sound TikTok yang biasanya catchy banget.

(Foto: TikTok)

Auto-Caption ini bisa diaktifkan pengguna ketika menonton video. Kalau merasa nggak perlu subtitle, tinggal klik aja tombol Auto-Caption lagi bagian share. Mirip seperti di YouTube, bisa dinonaktifkan.

Fitur generator subtitle ini memang sudah sangat berkembang dan disertakan dalam berbagai media sosial. Instagram juga sedang menguji coba fitur serupa untuk InstaStory. Bedanya, caption tersebut menjadi satu kesatuan dengan video, tidak bisa dinonaktifkan oleh pengguna yang nggak mau melihatnya.

Wah, semoga fitur Auto-Caption dari berbagai media sosial ini juga cepat tersedia untuk bahasa Indonesia ya! (*)

 

Related Articles
Tech
Instagram Uji Coba Fitur Stiker Auto-Caption di Story, Ubah Audio Jadi Subtitle

Tech
TikTok Siapkan Fitur Jump, Kreator Gak Perlu Taruh Link di Bio Lagi

Tech
TikTok Rilis Duet Green Screen, Kita Bisa Muncul di Dalam Video yang Diduetin