Entertainment

The Weeknd Luncurkan Karya Audio dan Visual dalam Bentuk NFT, Laku Rp29 Miliar

Tren NFT ini unik sekali bukan~

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 7th 2021

The Weeknd (Foto: Nabil Elderkin)

Entah ada angin apa banyak orang berlomba-lomba buat beli NFT. Baru-baru ini, The Weeknd juga ikut merilis koleksi benda digital hasil kerja sama dengan Strangeloop Studios. Dalam serial koleksi bernama The Acephalous, ada delapan benda digital yang berhasil terjual dengan harga sangat fantastis.

Sederet koleksi NFT tersebut mengambil inspirasi dari “dialog" antara neo-futurisme dan narasi distopia serta melihat bentuk alami dalam bentuk digital.

Delapan benda itu terdiri dari tiga karya audio-visual, empat karya statis (gambar yang nggak bergerak), dan yang paling spesial adalah satu lagu yang belum pernah dirilis. Lagu tersebut sudah dikode-kode sejak akhir Maret lalu.

Untuk tiga karya audio-visual, bentuknya berupa video yang menampilkan dunia fantasi dengan iringan musik dari pelantun Save Your Tears ini. Cuma gumaman-gumaman sih, bukan lagu yang full.

Untuk tiga koleksi tersebut dijual tanpa batasan jumlah, tapi hanya dijual selama 15 menit pada peluncuran The Acephalous pada Minggu (4/4) lalu. Lihat-lihat koleksinya di web Nifty Gateaway, marketplace khusus NFT.

Buat koleksi paling spesial, sebuah lagu unreleased yang gak akan dirilis di platform mana pun, ditawarkan dalam bentuk lelang selama 24 jam. Tawaran tertinggi jatuh di angka USD 490.000 (sekitar Rp7,1 miliar) dan sang pemenang bisa menikmati lagu eksklusif dari penyanyi bernama asli Abel Tesfaye tersebut. Itu yang beli antara fan superkaya atau memang investor karya digital ya….

Total pendapatan dari delapan karya digital tersebut mencapai USD 2 juta (sekitar Rp29 miliar). Fantastis banget untuk ukuran benda yang… nggak terlihat wujudnya. Namun, angka ini bisa dibilang kecil karena ada (bahkan lumayan banyak) NFT yang nilainya berkali-kali lipat. Wow.

NFT sendiri adalah singkatan dari Non-fungible Tokens, benda koleksi yang secara fisik memang tak terlihat, tapi punya nilai. Dibandingkan benda koleksi pada umumnya, NFT punya kelebihan gak bisa hilang, rusak, atau dipalsukan. Sederet artis luar lagi marak banget meluncurkan koleksi digital satu ini karena harganya bisa sangat sangat sangat tinggi.

Bos Twitter, Jack Dorsey, juga telah melelang twit pertamanya di aplikasi buatannya itu dengan harga mencapai USD 2,9 juta (sekitar Rp41 miliar). Keren nggak tuh. Duit semua lho itu.

Di luar itu, penampil di acara Super Bowl LV ini juga sempat menyebut bahwa album hits miliknya, After Hours, masih belum selesai dan akan punya kejutan baru. Abel juga mengatakan bahwa ia memboikot Grammy setelah ia gagal masuk ke nominasi apa pun di tahun ini. (*)

 

Related Articles
Entertainment
The Weeknd Kode-Kode Bakal Rilis Lagu Baru, tapi Bentuknya NFT

Tech
Bos Twitter Lelang Twit Pertamanya Senilai Rp 35 Miliar, Buat Apa Orang Beli?

Entertainment
The Weeknd Bilang Album ‘After Hours’ Belum Usai, Apakah Bakal Ada Lagu Baru?