Korea

Pemain 'Joseon Exorcist' Syuting 14 Episode, Cuma Dibayar 2 Episode

Delima Pangaribuan

Posted on April 7th 2021

(Soompi)

Drama SBS Joseon Exorcist resmi diberhentikan penayangannya setelah mengundang kontroversi publik di Korea Selatan. Akhirnya drama itu cuma tayang dua episode pertama saja, meskipun tim sudah bekerja menyelesaikan hingga 14 episode.
 
Hal ini kemudian menimbulkan masalah lain. Melansir Koreaboo, para pemain dan kru kini terbelit masalah finansial. Berdasarkan laporan outlet media setempat, Ilgan Sport News, tim produksi kesulitan untuk memenuhi bayaran bagi para aktor dan aktris yang sudah menjalani syuting hingga belasan episode tersebut.
 
Kondisinya emang serba sulit dan serba salah. Salah satu perwakilan manajemen aktor menyampaikan bahwa mereka memahami kalau tim produksi kesulitan bayar. Masalahnya, mereka sendiri sudah menginvestasikan waktu dan tenaga untuk drama ini dan berharap tetap ada timbal balik.
 

"Kami ada di situasi sulit karena tidak bisa menuntut tim produksi drama untuk membayar kami atas kerja aktor kami selama produksi. Tapi bagaimanapun, agensi kami juga akan semakin kesulitan jika tidak mendapat hasil dari yang sudah kami kerjakan di setiap episode," jelas sumber dari manajemen tersebut, seperti dikutip Koreaboo.
 
Joseon Exorcist seharusnya tayang sebanyak 16 episode. Mereka sudah menyelesaikan produksi untuk 14 episode alias sudah 80-90 persen jadi. Normalnya, tentu para aktor dan aktris mendapat bayaran 80 persen itu juga.
 
Tapi semua berubah ketika akhirnya drama ini tayang di TV dan menimbulkan kemarahan publik. Penonton protes karena adanya inkonsistensi sejarah dalam drama tersebut. Mereka bahkan mengajukan petisi ke pemerintah untuk membatalkan penayangan drama tersebut. Para sponsor menarik diri dan SBS selaku stasiun TV pemilik hak siar memutuskan tidak melanjutkan hak siar mereka.
 
Joseon Exorcist berakhir menggantung hanya di dua episode saja. Dari sisi tim produksi, tentu akhirnya mereka hanya bisa membayar para pemain untuk dua episode tersebut. Sampai sekarang belum diketahui jelas berapa kerugian dan nominal yang seharusnya diterima para pemain. (*)
Related Articles
Korea
Ini 3 Alasan Warga Korea Boikot Joseon Exorcist

Korea
Terlanjur Sakit Hati, Publik Korsel Ajukan Petisi Batalkan 'Joseon Exorcist'

Korea
Drama Joseon Exorcist Dinilai Tak Akurat, Sponsor Mundur Teratur