Current Issues

Penularan Masih Tinggi, Google Doodle Hari Ini Ingatkan untuk Tetap Pakai Masker

Dwiwa

Posted on April 6th 2021

Jumlah penambahan kasus harian Covid-19 di Indonesia terbilang masih cukup tinggi. Meski jika dibandingkan awal 2021 jumlahnya cenderung menurun, tetapi dalam beberapa hari terakhir angkanya masih di atas 6 ribu kasus per hari.

Bahkan jumlah kematian akibat Covid-19 sempat melonjak ke angka 427 terhitung dari Sabtu (3/4) sampai Minggu (4/4). Hal ini rupanya membuat mesin pencari terpopuler di dunia kembali mengingatkan para penggunanya pentingnya memakai masker lewat Google Doodle.


Meskipun vaksin Covid-19 saat ini sudah banyak digunakan, tetapi Google Doodle mencoba menegaskan jika penggunaan masker masih menjadi hal yang vital di era pandemi saat ini. "Memakai masker tetap penting. Gunakan masker dan selamatkan kehidupan," tulis Google dalam keterangan Doodlenya.

Doodle ini sudah pernah ditampilkan Google pada September 2020 lalu. Ketika seluruh dunia sedang dibanjiri dengan kasus Covid-19 yang membuat berbagai fasilitas kesehatan mulai kewalahan.

Sama seperti Doodle yang muncul tahun lalu, seluruh huruf yang membentuk kata Google juga terlihat memakai masker dan menjaga jarak. Bedanya, Doodle kali ini memperlihatkan penggunaan masker ganda, alias menambahkan masker di atas masker.


Masker ganda ini telah menjadi tren baru dan disebut memberikan perlindungan lebih baik dibanding satu masker. Tetapi masker ganda ini tidak perlu digunakan pada masker N95.


Google juga mengingatkan jika Covid-19 masih mempengaruhi berbagai komunitas di seluruh dunia dan meminta orang-orang untuk mengikuti langkah-langkah pencegahan. Pesan itu juga ditautkan menuju halaman yang memuat berbagai langkah pencegahan penularan Covid-19.


Dalam penelusuran tim Mainmain, selain di Indonesia, Google Doodle ini setidaknya juga muncul di mesin pencari Google Perancis, Inggris, India, Malaysia, Vietnam, dan Palestina. Di negara-negara tersebut, jumlah kasus penularan harian Covid-19 terbilang masih cukup tinggi dalam beberapa waktu terakhir. Bahkan India mengalami lonjakan tinggi dengan lebih dari 100 ribu kasus dalam sehari pada 5 April.

Nah, karena sudah kembali diingatkan oleh Google Doodle, jangan lupa selalu untuk mematuhi protokol kesehatan ya. Pakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau hand sanitizer ya guys.(*)

 

Related Articles
Current Issues
Pakai Mask Fitter dan Masker Ganda Bisa Lebih Efektif Cegah Penyebaran Droplet

Current Issues
Penggunaan Masker Menurun, Kasus Covid-19 Membengkak

Current Issues
Keren, Masker Ini Dilengkapi Earbuds Bluetooth untuk Dengarkan Musik