Tech

Tim Cook Kasih Kode Mobil Listrik Apple Car Bakal Terapkan Teknologi Otonom

Jingga Irawan

Posted on April 6th 2021

Foto: David Paul Morris (Bloomberg/Getty Images)

CEO Apple, Tim Cook, memberikan beberapa petunjuk tentang Apple Car yang sangat dinantikan oleh penggemar teknologi. Termasuk kemungkinan penggunaan teknologi otonom yang bakal menjadi fitur utama.

Petunjuk itu ia ungkapkan dalam wawancara yang dirilis sebuah podcast pada Senin (5/4). "Otonom itu sendiri adalah teknologi inti, menurut saya. Jadi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan teknologi otonom. Dan kita akan melihat apa yang dilakukan Apple,” kata Cook kepada Kara Swisher dalam wawancara di podcast Sway.

Menurut Tech Crunch, Tim Cook masih berhati-hati untuk tidak mengungkapkan terlalu banyak detil mengenai produknya. Ia menolak untuk langsung menjawab pertanyaan Swisher apakah Apple berencana memproduksi mobil itu sendiri atau fitur teknologi di dalam mobil tersebut. Namun, yang pasti, kode yang CEO Apple berikan, menunjukkan bahwa Proyek Titan tampaknya sedang dalam proses.

“Kami senang mengintegrasikan perangkat keras, perangkat lunak, dan layanan, dan menemukan titik persimpangannya karena kami pikir di situlah keajaiban terjadi. Dan kami senang memiliki teknologi utama yang ada di sekitarnya,” lanjut Tim Cook.

Banyak pengamat menduga bahwa Apple Car merupakan “iPhone di atas roda”. Karena Apple umumnya dikenal telah sukses dalam pengembangan perangkat keras dan perangkat lunaknya, jadi tidak mengherankan melihat Apple memproduksi mobil canggih.

Proyek Titan sebelumnya sempat disebut-sebut mangkrak. Namun, sejak EV Boom dimulai, kabar terbaru menunjukkan bahwa proyek tersebut masih berjalan dengan baik dengan rencana untuk membuat kendaraan listrik berpenumpang dengan teknologi self-driving pada 2024.

Awal tahun ini, CNBC melaporkan bahwa Apple hampir menyelesaikan kesepakatan dengan Hyundai-Kia untuk membangun mobil self-driving bermerek Apple. Kabarnya mobil itu bakal dibuat di pabrik perakitan Kia di West Point, Georgia. Seorang sumber yang mengetahui hal tersebut mengatakan Apple ingin bekerja sama dengan produsen mobil (Hyundai-Kia) yang akan membiarkan Apple memegang kendali atas perangkat lunak dan perangkat keras yang bakal digunakan di dalam mobil.

Sayangnya, kedua perusahaan tidak pernah mencapai kesepakatan. Dan, pembicaraan gagal pada Februari, menurut banyak pemberitaan. Akan tetapi, kegagalan pembicaraan ini tidak menghentikan  rumor tentang Apple dan rencana mobilnya, yang sebelumnya juga dikaitkan pembuat mobil lain seperti Nissan. Bahkan sempat pula dikaitkan kerjasama dengan sebuah perusahaan startup.

Hingga kini masih belum jelas seperti apa tampilan Apple Car. Namun sebagai kendaraan penumpang, tampaknya kendaraan baru tersebut akan menjadi pesaing utama Tesla.

“Saya belum pernah berbicara dengan Elon, meskipun saya sangat mengagumi dan menghormati perusahaan yang dia dirikan. Saya pikir Tesla telah melakukan pekerjaan yang luar biasa tidak hanya untuk memimpin, tetapi juga menjaga kepemimpinan untuk jangka waktu yang lama di ruang EV. Jadi saya sangat menghargai mereka,” kata Tim Cook

Proyek Titan dipimpin oleh Doug Field, yang sebelumnya adalah wakil presiden senior bidang teknik di Tesla. Field termasuk salah satu sosok penting di balik peluncuran Tesla Model 3. (*)

Related Articles
Tech
Kerjasama Pembuatan Mobil Listrik Apple-Hyundai Kabarnya Dimulai Maret 2021

Tech
Booming Mobil Ramah Lingkungan. Ada BEV, HEV dan PHEV, Apa Sih Bedanya?

Tech
Siapa yang Bakal Untung Maksimal Ketika Terjadi EV Boom?