Tech

Kalah Bersaing dengan Brand Lain, LG Tutup Produksi Smartphone

Delima Pangaribuan

Posted on April 6th 2021


(Freepik)

Raksasa teknologi Korea Selatan, LG, selama ini turut bermain di pasar smartphone. Namun, tampaknya perusahaan ini kalah bersaing dengan brand lain. Terutama Samsung dan Apple. Mereka pun memutuskan menarik diri dari pasar smartphone. LG akan menghentikan produksi ponsel tahun ini.

Melansir The Guardian, LG akan resmi menutup bisnis HP-nya pada 31 Juli. LG menyampaikan bahwa mereka telah membuat keputusan strategis untuk keluar dari industri smartphone yang kompetitif dan akan fokus ke produk elektronik lain, khususnya mengembangkan bisnis di bidang spareparts mobil listrik.
 
LG menjadi raksasa smartphone kesekian yang akhirnya gulung tikar karena tunduk pada perusahaan lain yang lebih sukses. Sebelumnya sudah ada Blackberry, HTC, dan Sony yang memutuskan mundur dari kompetisi smartphone global. Dan sama seperti para pendahulunya, LG tetap akan merilis HP namun di bawah nama brand lain setelah intellectual property mereka dilepas dan dijual.
 
Tentu saja dengan ditutupnya sektor smartphone ini, banyak bagian dan pegawai LG yang terdampak. Namun, LG menyatakan akan mengalihkan fokus produksi dan bisnis mereka ke sektor lain dan mungkin akan membutuhkan tenaga tambahan setelah ini. 

 
Beberapa sektor yang diyakini bakal berkembang adalah kebutuhan elektronik rumah tangga, robot, dan artificial intelligence atau AI. Selain itu, anak perusahaan mereka yakni LG Chem juga menjadi supplier terbesar baterai untuk mobil listrik. LG juga memiliki sektor produk touchscreen salah satunya untuk mobil listrik tersebut.
 
Sebelumnya, LG tercatat sebagai produk smartphone terbesar ketiga pada 2013 versi Reuters. Namun belakangan mereka mengalami kesulitan karena makin banyaknya brand HP yang bermunculan dan menawarkan harga lebih murah dengan kualitas teknologi yang gak kalah bagus. 
 
LG sudah berusaha memenangkan pasar dengan berbagai gimmick. Salah satunya lewat teknologi layar lengkung yang disebut banana phone, tapi hasil penjualannya gak begitu memuaskan. LG juga makin babak belur karena berhadapan dengan masalah hukum terkait software mereka yang membuat kinerja HP konsumen menurun. (*) 
Related Articles
Tech
Xiaomi Salip Apple sebagai Vendor Smartphone Terbesar Kedua di Dunia

Tech
Beta Version Android 11 Diluncurkan 3 Juni 2020, Ini Fitur Terbarunya

Tech
Suka Lupa Cuci Tangan? Mungkin Fitur dari Samsung Galaxy Watch Ini Bisa Membantu