Current Issues

Promosikan Produk Xinjiang, Tiga Member Cosmic Girls Ini Dikritik

Delima Pangaribuan

Posted on April 5th 2021

(AllKpop)

 
Isu hak asasi manusia memang sensitif. Maka dari itu, sebaiknya industri hiburan juga berhati-hati jika ingin mengangkat sesuatu yang ternyata berhubungan dengan HAM. Ini juga yang terjadi pada tiga member idol group Kpop Cosmic Girls atau WJSN. Yakni Meiqi, Xuanyi, dan Chengxiao.
 
Melansir AllKpop, ketiganya diketahui baru saja mempromosikan dan mendukung kegiatan produksi kapas dan katun di Provinsi Xinjiang, Republik Rakyat Tiongkok. Dukungan itu mereka tunjukan lewat media sosial, yang kemudian menimbulkan tanda tanya dan kekecewaan dari fans Cosmic Girls dan warganet pada umumnya.
 
Pasalnya, Provinsi Xinjiang saat ini tengah menjadi sorotan karena adanya dugaan terjadinya pelanggaran HAM berat oleh pemerintah setempat terhadap Suku Uyghur, suku Muslim yang banyak bermukim di provinsi bagian barat RRT tersebut. Termasuk di dalamnya adalah dugaan kerja paksa terhadap warga minoritas Musliim di sana.

 
Isu ini begitu serius sampai-sampai semua produk global yang menggunakan bahan katun dari Xinjiang menarik diri. Ada juga yang diboikot oleh konsumen mereka. Di antaranya Nike, Burberry, dan Adidas.  
 
Pantas kalau kemudian unggahan para member Cosmic Girls asal Tiongkok ini mengundang kontroversi. Mereka dianggap mendukung kerja paksa warga minoritas di sana dengan menunjukkan dukungan terhadap produk-produk buatan Xinjiang. Fans Korea pun menunjukkan kekecewaan lewat komunitas online.
 
"Mereka mulai tidak sensitif terhadap kaum minoritas Uyghur hanya karena mereka bukan bagian dari kaum tersebut. Bayangkan gimana rasanya menjadi bagian dari kelompok minoritas, bagaimana rasanya disuruh kerja paksa? Ini bukan cuma masalah politik, ini masalah kemanusiaan," komentar seseorang.

 
"Apakah memang uang lebih penting daripada hak asasi manusia?" komentar yang lain.
 
Cosmic Girls sendiri saat ini hanya berpromosi dengan sepuluh member, tanpa tiga member asal Tiongkok tersebut. (*)
 
 
Related Articles
Current Issues
Keadaan Muslim Uighur dan Makna Foto Profil Perempuan dengan Tangan Merah

Entertainment
6 Fakta Bona WJSN yang Dikabarkan Pacaran 5 Tahun dengan Kihyun MONSTA X

Current Issues
Desember Bulan Hak Asasi Manusia, Tiga Buku ini Membantumu Memahami Soal itu