Hobi

Besok DBL Bakal Rilis Sangsaka Lima, Komik Basket Pertama Indonesia

Jingga Irawan

Posted on April 5th 2021

Credit: DBL Indonesia

Ngomongin soal komik, kalian pasti langsung flashback ke masa di mana lagi seneng-senengnya untuk mengoleksi deretan judul manga yang lagi hits. Sampai-sampai rela ngirit duit jajan demi bisa belanja manga di bazar buku mingguan, atau setidaknya cukup lah untuk sewa beberapa volume, saat masih jamannya rental komik bertebaran dulu, hehehe.

Nah, flashback itu juga yang mainmain rasain ketika asyik scroll timeline Instagram dan tiba-tiba nemu salah satu unggahan DBL Indonesia, yang katanya bakal rilis komik dan bisa dibaca gratis melalui aplikasi DBL Play. Mungkin kalian juga bingung nih: lho, DBL Indonesia rilis komik?

Yup! setelah scroll lebih jauh, komik tersebut ternyata komik basket pertama di Indonesia. Judulnya Sangsaka Lima, yang dihasilkan dari ide kerja sama kreatif antara DBL Indonesia dan Komik MJP Studio. Dan, menurut postingan yang nangkring di laman Instagram resmi DBL, komik tersebut bakal dirilis pada 6 April, besok gengs!.

Karena dirilis oleh DBL Indonesia, mainmain menduga kisahnya pasti nggak jauh dari intrik dunia basket anak-anak muda. Tapi, justru serunya di sini gengs. Kita kebanyakan cuma tahu suksesnya para pemain basket yang lari sana-sini dan bisa masukin bola dengan enteng-nya, tanpa ngerti lebih jauh perjuangan sulit mereka.

Mungkin nggak jarang dari kita mikir, “Duh, kok LeBron James gampang banget ya shooting bola ke ring, sedangkan aku waktu pelajaran olahraga susah banget.” Nah, dari setiap laga keren seseorang dalam bidang tertentu pasti ada jatuh bangun yang dialami juga lho.

Menurut teaser dan pengenalan karakter yang dirilis oleh DBL Play pada Senin (5/4), Sangsaka Lima bercerita tentang pebasket remaja, Bara Adrima Duaja yang berjuang, untuk bisa bertanding di sebuah laga besar, karena basket merupakan olahraga kecintaannya.

Dalam teaser itu memperlihatkan sebuah narasi yang menunjukkan bahwa Bara terlibat sebuah masalah sehingga ia dilarang bermain basket mewakili sekolahnya. Setelah lulus dari bangku SMP, ia kemudian melanjutkan bersekolah SMA di luar kota kelahirannya.

Bagi kalian yang nggak paham seluk-beluk permainan basket, tetap bisa baca komik ini, lho. Sebab, kreator komik Sangsaka Lima, Juan Vito dan Mochammad Fadli, sebisa mungkin menampilkan gaya visual dan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

Karena komik ini representatif dari semangat dan konflik dunia remaja, maka, komik Sangsaka Lima tampaknya bakal menyoroti personal development, perjuangan, latihan dan  jatuh bangunnya Bara, dalam petualangan meraih mimpi besar. Meskipun sepertinya masalah yang dibahas bakal serius banget, komik ini bakal dipenuhi oleh guyonan kekinian kok. Komik Sangsaka Lima juga memiliki latar tempat di Indonesia. Tentu saja, budaya yang diangkat juga Indonesia banget!

Sangsaka Lima dapat dibaca melalui aplikasi DBL Play cukup dengan mengklik menu “Comic”. Untuk sementara, yang tersedia hanya teaser-nya aja ya gengs. But, kabar baiknya, kalian nggak perlu lagi susah payah ngirit duit jajan demi bisa baca komik. Karena komik ini dapat diakses gratis, cuma modal kuota internet aja.

Udah nggak sabar kan? Tungguin besok ya! Mainmain malah berharap nantinya akan ada cerita percikan romansa gitu, hehehe, namanya juga anak muda yaa….(*)

Related Articles
Hobi
Rilis Hari Ini, Ada Apa Saja di Komik Basket Pertama Indonesia ‘Sangsaka Lima'?

Hobi
Chapter 1 dan 2 ‘Sangsaka Lima’: Bara Move On dari Masa Lalu

Hobi
Ingin Bangun Karier Basket, Bara Malah Masuk Sekolah yang Tak Ada Tim Basketnya