Current Issues

Ahli Virus: Anak-anak Sekarang Jadi Penyebar Utama Covid-19

Dwiwa

Posted on April 5th 2021

 

Anak-anak menjadi kelompok umur yang relatif tidak terdampak parah oleh pandemi Covid-19. Tetapi menurut laporan Eat This, Not That!, ahli mengatakan varian Covid-19 yang saat ini lebih menular, sekarang dapat disebarkan dengan mudah oleh anak-anak.

“Anak-anak, terutama mereka yang duduk di kelas delapan atau lebih muda, tidak menjadi bagian dari pandemi yang kami saksikan dalam 10 bulan terakhir,” ujar ahli epidemiologi Dr. Michael Osterholm, direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular Universitas Minnesota.

Pada awal pandemi mereka tidak menjadi sumber penularan penting dalam komunitas. Tetapi dengan B117, anak-anak yang tertular jumlahnya sama dengan orang dewasa. Mereka sangat efektif dalam menularkan virus.  

Osterholm mencatat bahwa di Minnesota dalam dua minggu terakhir, ada 749 sekolah telah melaporkan kasus Covid.

“Di manapun kalian melihat lonjakan kasus, kalian akan menemukan anak-anak memainkan peran penting dalam penularan. Semua hal yang kita rencanakan tentang anak-anak di sekolah dengan virus ini benar-benar tidak lagi berlaku. Kita harus melihat masalah ini secara menyeluruh,” ujarnya.

Minggu lalu, di Michigan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan negara bagian mengatakan bahwa kasus Covid-19 baru pada anak-anak di bawah 10 tahun naik 230 persen lebih tinggi dibanding kelompok usia lain. Anak-anak dan dewasa muda berusia 10 hingga 19 tahun mengalami peningkatan kasus sebesar 227 persen.

Menurut laporan CBS News, banyak peningkatan kasus pada anak-anak dapat dikaitkan dengan pembukaan kembali sekolah dan olahraga remaja.

Menurut Osterholm, varian B117 50 hingga 100 persen lebih menular dibanding jenis virus corona sebelumnya dan menyebabkan penyakit 50 hingga 60 persen lebih parah. “Satu-satunya kabar baik tentang ini adalah bahwa vaksin saat ini efektif melawan varian khusus ini,” katanya.

Covid memang cenderung menyebabkan penyakit ringan pada anak-anak. Tetapi mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang mendasari, berisiko besar terkena penyakit parah. Selain itu, anak-anak juga bisa menyebarkan penyakit ini pada orang dewasa yang lebih tua yang rentan terhadap komplikasi.

Waduh guys, bahaya nih. Biar kita nggak jadi agen penular yang tidak disadari, yuk selalu patuhi protokol kesehatan. Pakai masker saat keluar rumah dan jangan lupa selalu menjaga jarak serta mencuci tangan dengan sabun di air mengalir ya. (*)

 

Related Articles
Current Issues
Dear Gen Z, Waspada Yuk! CDC Sebut Usia di Bawah 24 Tahun Rentan Kena Covid-19

Current Issues
Varian Virus Corona B117 Sudah di Indonesia, Bagaimana Agar Tidak Tertular?

Current Issues
Studi: Varian Covid-19 Inggris Tidak Separah yang Ditakutkan