Interest

Pengering Tangan Menyebarkan Lebih Banyak Kuman Dibanding Tisu Kertas?

Dwiwa

Posted on April 3rd 2021

Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak kebiasaan sehari-hari. Banyak bisnis yang sudah beralih ke metode tanpa sentuhan untuk mengurangi penyebaran kuman. Salah satunya adalah dengan menggunakan pengering tangan di toilet dibanding tisu kertas.

Tetapi ternyata, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Infection Control & Hospital Epidemiology mengungkap jika cara ini mungkin tidak sebaik yang kita kira. Bahkan, bisa jadi lebih banyak meninggalkan kontaminasi di tangan kalian dibanding tisu kertas.

Dilansir dari Healthline, pengering udara berkecepatan tinggi tidak hanya meninggalkan lebih banyak kontaminan di tangan tetapi juga bisa menyebarkan kuman ke pakaian loh. Ini berarti akan lebih banyak kuman yang berpindah ke permukaan lain.

Menurut Paul S. Pottinger, direktur Klinik Infectious Diseases & Tropical Medicine Clinic di University of Washington Medical Center-Montlake yang tidak terlibat dalam penelitian, tujuan studi ini adalah untuk memahami apakah metode pengering tangan mungkin berpengaruh pada penyebaran kuman di lingkungan rumah sakit.

Menurutnya, para peneliti mensimulasikan menggunakan tangan yang sudah dikontaminasi dengan virus tidak berbahaya. Tangan para peserta kemudian dikeringkan, baik menggunakan tisu kertas maupun pengering udara untuk selanjutnya dideteksi jumlah virus yang dipindahkan ke berbagai permukaan di sekitar rumah sakit.

Hasilnya, tangan yang dikeringkan dengan pengering udara lebih banyak menyebarkan virus. Jumlah kuman yang menyebar di permukaan yang disentuh oleh relawan 10 kali lebih tinggi pada tangan yang dikeringkan dengan pengering udara dibanding tisu kertas.

Meski menurut Robert Smith, PhD, asisten profesor di departemen ilmu biologi di Nova Southeastern University Halmos College of Arts and Sciences ada sejumlah kelemahan dalam penelitian ini, tetapi studi sebelumnya telah menemukan jika pengering udara panas dapat meniupkan kontaminan dari udara kamar mandi langsung ke tangan kalian.

Bisa dibilang, pengering udara mungkin membuat tangan kalian dipenuhi dengan bakteri, termasuk beberapa yang biasanya ditemukan dalam tinja. Meskipun tidak ditemukan hubungan langsung dengan penularan Covid-19, tetapi menghindari pengering udara di toilet umum tampaknya bisa menjadi tindakan yang lebih bijak di musim pandemi seperti sekarang ini.

Lalu bagaimana sih cara mencuci dan mengeringkan tangan yang baik?

Menurut Pottinger, hal terpenting adalah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya 30 detik. Selain itu, memilih cara mengeringkan tangan juga menjadi hal yang penting. Seperti hasil studi, Pottinger pun menyarankan orang untuk menggunakan tisu kertas dibanding pengering tangan.

Selain itu, memastikan agar tangan yang sudah bersih tidak menyentuh permukaan terkontaminasi juga menjadi hal penting. Dalam hal ini, tisu kertas juga bisa menjadi alat pelindung saat kita membuka pintu toilet usai mencuci tangan.

Smith menambahkan jika pilihan lain bisa dengan hand sanitizer yang mengandung setidaknya alkohol 60 persen. Tetapi ia mengingatkan jika cara ini tidak seefektif sabun dan air yang digunakan untuk mencuci tangan dengan teknik yang benar dalam membunuh mikroba.(*)

Related Articles
Current Issues
Bersiap Kembali ke Sekolah? 5 Hal Ini Wajib Kalian Siapkan

Current Issues
Ini Loh yang Akan Terjadi Jika Kita Malas Mencuci Tangan

Current Issues
Sekolah Dibuka Januari 2021, 7 Hal Ini Harus Dilakukan Sekolahmu