Current Issues

CDC: Setelah Divaksin Penuh, Orang Lebih Aman Bepergian. Asalkan...

Dwiwa

Posted on April 3rd 2021

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan jika orang yang sudah mendapat vaksinasi Covid-19 secara penuh bisa bepergian dengan aman dan memiliki risiko rendah. Meski begitu, CDC tetap tak merekomendasikan travelling karena kasus Covid-19 yang tinggi di negara tersebut.

Dilansir dari Reuters, Direktur CDC Rochelle Walensky mengatakan, jika meski ada panduan baru bagi orang yang divaksin, namun saat ini masih bukan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan. Terlebih lagi bagi individu yang belum divaksin.

Sebagaimana diketahui, CDC mengeluarkan panduan baru pada Jumat (2/4). Panduan itu sepertinya menjadi upaya untuk mengakui jika vaksin membuat perjalanan jauh lebih aman. Tapi juga berusaha mencegah terjadinya lonjakan sampai lebih banyak orang mendapatkan suntikan vaksin.

Salah satu hal yang baru dalam panduan CDC ini adalah mengizinkan kakek-nenek yang sudah divaksinasi penuh untuk bepergian dengan pesawat. Misalnya demi bertemu cucu. 

Selain itu, panduan itu juga menyebutkan jika pengujian Covid-19 dan karantina tidak diperlukan. Baik sebelum maupun sesudah perjalanan domestik di seluruh wilayah Amerika Serikat. Asal individu yang melakukan perjalanan menerapkan tindakan pencegahan seperti mengenakan masker dan menjaga jarak sosial.

Sedangkan untuk perjalanan internasional, orang yang sudah divaksinasi penuh tidak membutuhkan hasil tes Covid-19 untuk berangkat. Kecuali jika diminta oleh tempat tujuan. Mereka juga tidak perlu melakukan karantina mandiri saat kembali ke Amerika Serikat.

Tetapi CDC menyebut mereka perlu memiliki hasil tes negatif Covid-19 sebelum terbang kembali ke Amerika Serikat. Selain itu, tiga hingga lima hari setelah mereka kembali juga harus dilakukan tes virus corona.

Namun terlepas dari apakah seseorang sudah divaksin atau belum, CDC merekomendasikan agar orang-orang menerapkan protokol kesehatan saat melakukan perjalanan. Yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau dengan hand sanitizer.(*)

Related Articles
Current Issues
Vaksin Jadi Angin Segar Penerbangan Internasional, Tetapi Bukan Segalanya

Current Issues
Kapan Sih Kita Bisa Bebas Piknik Lagi? Begini Kata Para Ahli

Current Issues
Melonjak Tajam, Kasus Covid-19 pada Anak Naik dari 2 Persen jadi 24 Persen