Tech

Twitter Tambah Stiker dan GIF untuk Fleets, Jadi Makin Mirip InstaStory

Emojinya dikasih nama Twemoji

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 2nd 2021

Twitter makin memgembangkan tiruan InstaStory mereka, Fleets. Melalui twit pengumuman yang diluncurkan pada Kamis (1/4) lalu, media sosial satu ini memperbarui Fleets sehingga kita bisa menambahkan emoji dan GIF. Mirip kayak story di Instagram lah.

Emoji di Fleets berbeda dari emoji pada umumnya. Twitter punya gaya sendiri buat emoji mereka yang dinamai Twemoji. Sekilas memang mirip sama emoji yang ada di keyboard kita, tapi gaya ilustrasinya lebih fresh. Banyak juga pilihan stiker yang sesuai sama isu-isu terkini. Kalau GIF sih sama aja seperti story umumnya.

Tangkapan layar pilihan twemoji

Buat menambahkan Twemoji, stiker, atau GIF, kita tinggal buat Fleet seperti biasa. Setelah itu, klik ikon wajah tersenyum di bagian kiri bawah. Nanti bakal muncul pilihan stiker-stiker yang mirip kayak Instagram, stiker yang ditampilkan pasti stiker yang berkaitan sama isu terkini.

Misalnya berkaitan sama gerakan Black Lives Matter, Trans Live Matter, dan kesehatan mental. Ada juga stiker ungkapan santai seperti “That’s it, that’s the fleet” (pelesetan dari twit “That’s it, that’s the tweet”), “Don’t @ me”, “thanks, I hate it”, dan lain-lain.

Tangkapan layar stiker Fleets

Buat mencari Twemoji, stiker, atau GIF tanpa repot scroll satu-satu, kita juga bisa pakai kolom pencarian di bagian atas. Tinggal masukkan kata kunci yang berkaitan sama apa yang kita cari, nanti muncul deh.

Tangkapan layar pencarian di Fleets

Fitur ini sudah dirilis secara global untuk perangkat Android maupun iOS, tapi mungkin belum semua pengguna mendapatkannya. Sabar, masih proses pendistribusian~

Yang jelas fitur baru ini bikin Fleets makin mirip dengan InstaStory. Mungkin ini usaha Twitter biar makin banyak orang yang menggunakan bentuk lain twit ini. Secara sudah banyak media sosial yang punya story, mulai dari Instagram, Facebook, Snapchat (si inisiator), sampai aplikasi chat seperti WhatsApp dan LINE.

Di luar itu, Twitter kini memungkinkan kita menonton video YouTube tanpa pindah aplikasi. Media sosial satu ini juga punya sederet fitur yang akan datang di usianya yang sudah hampir 15 tahun. (*)

Related Articles
Tech
Twitter Hapus Fitur ‘Fleets’, Cuma Bertahan 8 Bulan karena Pengguna Sedikit

Tech
Beli Aplikasi Squad, Twitter Bakal Bikin Fitur Hangout Virtual Lewat Video Call

Tech
Twitter Ikutan Punya Fitur Story Bernama ‘Fleets’, Bisa Dipakai Semua Pengguna!