Current Issues

Robot Ini Dipersenjatai Sinar UV untuk Membersihkan Virus di Pesawat Terbang

Dwiwa

Posted on April 2nd 2021

Berbagai inovasi terus dilakukan oleh berbagai sektor industri agar roda perekonomian bisa kembali berputar. Sebuah robot yang dipersenjatai sinar ultraviolet pembunuh virus pun sedang diuji coba digunakan dalam pesawat Swiss.

Dilansir dari Reuters, uji coba ini sedang dilakukan oleh UVeya, sebuah start-up Swiss bekerja sama dengan perusahaan layanan bandara yang berbasis di Dubai, dengan Dnata, Embraer dan Helvetic Airways, maskapai penerbangan charter milik miliarder Swiss Martin Ebner.

Menurut salah satu pendiri UVeya, Jodoc Elmiger, pembuat pesawat masih harus mensertifikasi perangkat dan sedang mempelajari tentang dampak sinar UV terhadap pelapis interior, yang dapat memudar setelah banyak disinfeksi. Meski begitu, ini diharapkan akan mengurangi ketakutan orang untuk terbang di tengah pandemi Covid-19 yang masih beredar.

“Ini adalah teknologi yang terbukti, telah digunakan selama lebih dari 50 tahun di rumah sakit dan laboratorium, sangat efisien. Tidak meninggalkan jejak atau residu,” ujar Elmiger.

Sejauh ini, ada tiga prototipe yang dibuat oleh tim Elmiger yang salah satunya ditunjukkan dalam jet Helvetic di Bandara Zurich. Lampu robot, yang dipasang pada bingkai berbentuk salib, memancarkan cahaya biru lembut saat bergerak perlahan ke lorong.

Satu robot dapat mendisinfeksi pesawat berlorong tunggal dalam 13 menit, dari mulai sampai selesai. Pesawat yang lebih besar membutuhkan waktu lebih lama.

Elmiger memperkirakan mereka akan menjual robit ini seharga USD 15.930 (sekitar Rp 228,59 juta) atau lebih karena pemerintah telah meminta adanya tindakan baru untuk memastikan pelancong udara tidak sakit. (*)

Related Articles
Current Issues
Masihkah Perlu Mendisinfeksi Berbagai Permukaan Benda untuk Mencegah Covid-19?

Current Issues
Keren, Jepang Bikin Alat Revolusioner untuk Cuci Tangan dan Sterilkan Ponsel

Current Issues
Disinfeksi dengan Sinar UV Hanya Efektif untuk Benda, Bukan untuk Tubuh