Entertainment

Nominasi BRIT Awards Dirilis, Dua Lipa Mendominasi dan Sam Smith Tersisihkan

Nominasi yang erat kaitannya dengan gender.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 1st 2021

Dua Lipa dan Sam Smith (Foto: Vianney Le Caer/Invision/AP/Shutterstock dan Jeff Spicer/Getty)

Setelah Grammy Awards dan JUNO Awards, kini giliran ajang penghargaan BRIT Awards. Penghargaan untuk semua karya yang mewarnai industri musik Britania Raya ini memiliki total sepuluh nominasi dan tahun ini didominasi oleh Dua Lipa.

Dua Lipa berhasil masuk ke nominasi Female Solo Artist, British Single untuk lagu Physical, dan Best Album untuk Future Nostalgia. Artis dengan jumlah nominasi yang sama adalah Celeste, seorang penyanyi dan penulis lagu dari Britania Raya. Penyanyi itu berhasil meraih nominasi Female Solo Artist, Breakthrough Artist, dan Album untuk Not Your Muse.

Di tahun-tahun sebelumnya, Dua Lipa memang jadi langganan di ajang penghargaan satu ini. Pelantun We’re Good itu pertama kali masuk nominasi pada 2017 untuk kategori Rising Star, tapi belum berhasil menang. Di tahun 2018, ia meraih lima nominasi dan berhasil memenangkan dua di antaranya. Pada 2019, Dua berhasil meraih empat nominasi dan memenangkan satu untuk lagu One Kiss.

Sayangnya pada 2020 penyanyi satu ini tidak masuk ke nominasi apa pun. Di tahun tersebut, BRIT Awards dikritik karena hanya sedikit memasukkan artis perempuan dalam nominasi. Keadaan sedikit berubah di tahun ini karena kategori Best Album didominasi oleh perempuan.

Berbicara tentang gender, Sam Smith yang mendeklarasikan diri sebagai nonbiner (tidak terikat pada gender tertentu) tidak mendapat nominasi apa pun tahun ini.

Karena identitas seksual yang ia deklarasikan pada 2019 itu, pelantun Diamonds ini memang tak bisa masuk ke kategori yang merujuk ke gender tertentu. Namun, album terbarunya yaitu Love Goes sebenarnya memenuhi syarat untuk masuk ke nominasi Best Album, tapi nggak terjadi.

Penyelenggara BRIT Awards sebenarnya sempat mendiskusikan kemungkinan membuat kategori ajang penghargaan mereka menjadi netral, tapi sepertinya gagasan itu belum terjadi di tahun ini.

BRIT Awards bakal diadakan di London pada 11 Mei mendatang setelah seharusnya diadakan pada awal tahun ini. Biasalah, gara-gara pandemi, jadi banyak yang tertunda. Nah, siapa nih artis jagoanmu di ajang penghargaan ini? (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Adele dan Ed Sheeran Rebut Empat Nominasi di BRIT Awards 2022

Entertainment
Taylor Swift Kode-Kode Ada Album Baru Lewat Penampilannya di BRIT Awards!

Entertainment
Akhirnya Ketemu Taylor Swift di BRIT Awards, Olivia Rodrigo: Seperti Mimpi...