Tech

Instagram Rilis Remix, Fitur Duet Mirip TikTok buat Video Pendek di Reels

Kezia Kevina Harmoko

Posted on April 1st 2021


(Foto: Instagram)

Instagram masih berjuang meng-upgrade Reels, fitur TikTok tiruan mereka menjadi lebih menarik buat kita semua. Baru-baru ini, media sosial tersebut merilis fitur yang hits di aplikasi sebelah yaitu duet. Well… namanya diubah jadi remix oleh Instagram.

Dengan fitur remix, pengguna bisa me-remix video pengguna lain dengan video buatan mereka. Nantinya video baru akan berada di sisi kiri video yang di-remix. Persis seperti di TikTok.

Untuk melakukan remix pada sebuah reel, klik titik tiga di sebuah video dan pilih 'Remix this Reel'. Kita bisa rekam video baru atau menggunakan video yang sudah kita rekam sebelumnya. Kita juga bisa mengatur audio video yang di-remix dan video milik kita, jadi bisa lebih pas untuk didengar. Bisa menambahkan voiceover juga.

Fitur remix ini bisa buat berbalas-balasan argumen, duet bernyanyi, nge-dance, atau kegiatan lain. Video reaksi yang biasanya viral di TikTok juga bisa dibuat di sini. Misalnya ada kreator kecil yang punya bakat menarik terus videonya di-react sama kreator besar. Peluang buat engangement.

Buat kamu yang aktif di Reels, kamu bisa melakukan remix ke video baru. Untuk video-video lama hanya bisa di-remix kalau pemiliknya mengaktifkan pilihan 'Enable Remixing' untuk video tersebut. Kalau nggak mau video kalian di-remix, bisa ke pengaturan di bagian profil.

Reels diluncurkan sejak Agustus 2020 sebagai usaha menarik pengguna TikTok buat pindah hati. Saat itu aplikasi buatan ByteDance tersebut memang lagi di ujung tanduk karena mau diblokir sama Amerika Serikat.

Namun, usaha meniru aplikasi buatan Tiongkok ini bisa dibilang nggak terlalu sukses karena aplikasi sebelah masih lebih menarik buat para warganet. Pada Januari lalu, Instagram mengakui masih kalah dari TikTok—dan terus meniru fitur-fitur khas dari aplikasi tersebut.

Di luar itu, tiruan TikTok dari Snapchat, Spotlight, mulai berkembang dengan klaim sudah meraih 100 juta pengguna pada Februari lalu. Padahal Spotlight baru dirilis di sejumlah negara aja. Mungkin penggunanya tertarik sama hadiah sejumlah sekitar Rp14 miliar per hari untuk video paling populer.

Nah, gimana menurutmu fitur baru Reels ini? Tertarik buat jadi kreator di sana? (*)

Related Articles
Tech
Instagram Rilis Reels di Beberapa Negara, Seberapa Mirip Dengan TikTok?

Tech
Instagram Putuskan Fokus ke Konten Video, Bukan Lagi Media Sharing Foto

Tech
Instagram Akui Reels Masih Kalah dengan TikTok, Belum Bisa Bikin Tren Booming