Tech

Spotify Beli App Siaran Audio Locker Room, Mau Buat Platform Mirip Clubhouse

Bertambah lagi nih platform ala-ala Clubhouse

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 31st 2021

(Foto: Shuttershock)

Spotify memang sudah jauh berkembang dari sekadar platform buat dengar lagu aja. Baru-baru ini, aplikasi satu ini mengakuisisi Locker Room, sebuah aplikasi siaran langsung audio khusus untuk topik olahraga. Dari pembelian ini, Spotify bakal membangun fitur live audio mirip seperti Clubhouse yang lagi (lumayan) viral itu.

Platform satu ini disebut akan mengembangkan Locker Room menjadi layanan yang menawarkan konten olahraga, musik, dan kebudayaan, juga fitur interaktif yang memungkinkan kreator terhubung dengan pendengar secara live.

Gustav Söderström, kepala riset dan pengembangan Spotify menyebut bahwa kreator dan para penggemar sudah lama menginginkan fitur siaran langsung di aplikasi satu ini. Platform ini juga antusias untuk segera meluncurkannya pada pengguna Spotify.

“Dunia sudah menggunakan kami untuk musik, podcast, dan pengalaman audio unik lainnya. Pengalaman siaran langsung audio ini akan jadi pelengkap yang kuat yang akan meningkatkan dan memperluas pengalaman on-demand yang kami sediakan,” lanjutnya dilansir dari pernyataan resmi Spotify.

Kalau mendengar istilah aplikasi audio live, pasti teringat satu aplikasi: Clubhouse. Di antara para influencer, platform ini memang lagi cukup booming, nggak heran kalau Spotify ingin menyusul Twitter yang sudah membangun fitur serupa dengan nama Twitter Spaces.

Karena Spotify adalah platform yang berfokus pada audio, kemungkinan siaran audio live akan memungkinkan kreator untuk melakukan peluncuran perdana (premiere) album mereka, mengadakan sesi tanya jawab dengan fans, diskusi, debat, bahkan menampilkan penampilan tertentu. Kalau ada sesi musik live, asyik nih.

Dilansir dari The Verge, aplikasi siaran langsung itu akan tetap terpisah dengan Spotify, tetapi gak menutup kemungkinan akan berintegrasi. Hasil rekaman audio live dari Locker Room (atau bahkan Clubhouse atau Spaces) bisa diunggah ke Anchor, aplikasi membuat podcast dari Spotify. Podcast tersebut bisa muncul di Spotify seperti podcast pada umumnya deh.

Di luar itu, Spotify juga akan memperbarui tampilan home biar kita bisa lebih mudah kembali ke podcast yang baru kita dengar. Platform ini juga sedang mengembangkan layanan audio berkualitas seamless bernama Spotify HiFiBiar bisa memberikan rekomendasi sesuai suasana hati, aplikasi satu ini juga mematenkan fitur pendeteksi emosi untuk memberi kita musik yang pas buat keadaan apa pun.

Nah, gimana menurutmu tentang wacana Spotify bikin platform ala-ala Clubhouse ini? (*)

Related Articles
Tech
Twitter Update Spaces, Hanya Bisa Diakses Akun dengan 600+ Pengikut

Tech
Saingi Clubhouse, Spotify Rilis Greenroom! Obrolan Langsung Jadi Podcast

Tech
Hari ini, Twit Pertama Bos Twitter Berusia 15 Tahun