Tech

Waspada, Malware Baru Android Menyamar Sebagai Pembaruan Sistem

Dwiwa

Posted on March 30th 2021

 

Malware di smartphone bukan hal yang baru dan sudah ada banyak antivirus yang siap mengatasinya. Tetapi yang menjadi masalah adalah, para pembuat malware selalu menemukan cara baru yang menarik bahkan semakin licik untuk mengelabui pengguna agar memasangnya.

Terbaru, Ubergizmo melaporkan firma keamanan Zimperium menemukan malware terbaru yang tampaknya berhasil menyamar sebagai pembaruan sistem Android.  Ini merupakan sebuah ironi karena pembaruan sistem biasanya dirancang untuk menambal lubang keamanan dan kerentanan serta menutup eksploitas agar tidak digunakan.

Dengan fakta tersebut, tidak heran jika banyak orang yang melihat adanya pembaruan sistem langsung memasangnya. Bisa jadi, mereka juga tidak terlalu memperhatikan apakah pembaruan sistem ini asli atau tidak.

Untungnya, malware ini memiliki kelemahan. Dia akan memberi tahu pengguna jika pembaruan sistem harus diunduh dari toko pihak ketiga. Hal ini tentu bisa menjadi peringatan bagi pengguna jika hal tersebut bukan dari pihak resmi.

Dilaporkan jika malware tersebut dapat mencuri pesan instant messenger, memeriksa bookmark dan pencarian browser, data clipboard, notifikasi, merekam audio dari panggilan telepon, mengambil foto melalui kamera ponsel, dan sebagainya.

Namun, kabar baiknya adalah menurut Google, malware tersebut tidak tersediadi Play Store. Ini artinya, jika kalian tidak mengunduh dari pihak ketiga, seharusnya aman dari malware ini.

Ingat yah guys, jangan asal mengunduh aplikasi atau pembaruan apapun dari pihak ketika. Selalu pastikan untuk mengunduh apapun dari penyedia resmi seperti Play Store atau App Store ya. (*)

 

Related Articles
Tech
Google Uji Coba Fitur Bandingkan Aplikasi di Play Store, Pilih App Jadi Mudah

Tech
Khawatir Soal Privasi Data? 4 Cara Sederhana Ini Bisa Lindungi Jejak Digitalmu

Tech
Malware Baru di Android Intai Data di 377 Aplikasi, Bisa Curi Data Perbankan