Lifestyle

4 Langkah Memperkuat Pertemanan, Biar Gak Sekadar Nyapa atau Tanya Kabar Doang

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 28th 2021

(Ilustrasi: soledad garcia/Dribbble)

Sebagai makhluk sosial, manusia memang nggak bisa hidup tanpa orang lain. Mangkanya punya teman itu penting banget sebagai support system biar kita tetap jadi manusia yang waras.

Tapi, kadang susah mempererat pertemanan biar teman tersebut bisa jadi orang yang selalu mendukung kita. Seringnya mentok di teman yang kenal doang, menyapa kalau ketemu atau ngobrol basa-basi doang.

Nah, simak nih empat cara buat level up pertemanan kalian, seperti yang dilansir dari psikolog Marisa Franco melalui Psychology Today.

1. Tunjukkan sisi lemah kita

Seringkali kita merasa kalau lemah itu sesuatu yang mengganggu orang lain. Mangkanya setiap ditanya “Apa kabar?” jawabannya spontan dan yang pasti diucapkan itu “Baik”. Nah, kalau kamu terus menjawab pertanyaan tersebut dengan kata “Baik“ padahal kamu nggak baik-baik aja, pertemananmu ya bakal stagnan di level sekadar menyapa.

Sebenarnya, menunjukkan kelemahan justru membuat kita dipandang lebih positif. Ini karena kita berani jujur dan menjadi manusia asli. Mana ada manusia yang selalu bahagia setiap waktu.

Kalau kita berani menunjukkan kelemahan, kita memberi orang tersebut kesempatan untuk mengenal kita lebih baik. Dengan menjadi gak sempurna, orang lain juga pasti relate dan potensi saling berbagi cerita jadi lebih besar. Siapa tahu dari cerita-cerita, lama-lama jadi dekat kan?

Eits, tapi jangan berlebihan juga menunjukkan sisi lemah. Jujur akan kelemahan juga bukan berarti mengeluh ya. Jadi, tetap sesuai porsi aja.

2. Tunjukkan kalau kita menghargai kehadiran seorang teman

Pertemanan bukan hanya masalah karakter diri harus kocak, care, enak diajak bicara, atau lainnya. Karakter positif memang perlu karena gak ada yang mau berteman sama orang yang menyebalkan. Tapi, perlu juga untuk memberi tahu teman kita kalau kita menghargai mereka sebagai teman. Entah dengan memuji, kasih tahu betapa dukungan mereka bermakna, atau kasih hadiah. Sesuaikan sama love language mereka, kalau tahu.

3. Peka dan kasih dukungan di masa sulit

Setelah jujur dan mendukung, kita juga harus peka sama apa yang mereka lalui. Beri bantuan sesuai kemampuan. Dengan memberi bantuan, seseorang akan merasa lebih didukung dan lebih dekat dengan orang yang memberi bantuan, plus lebih antusias terhadap pertemanan.

4. Bertemu secara rutin

Kalau sudah lebih dekat dari awal, ajak deh buat ketemu. Hang out santai bisa membantu menguatkan pertemanan. Dengan kegiatan-kegiatan asyik atau sesuai minat, bakal muncul interaksi yang tak terduga kalau dibandingkan dari sekadar nge-chat aja.

Interaksi yang tak direncanakan dan saling berbagi kelemahan bisa menciptakan atmosfer sempurna untuk pertemanan, jadi mulai deh bertemu teman-temanmu. Tapi ingat, karena masih pandemi, tetap patuhi protokol kesehatan ya.

Nah, itu dia sederet cara memperkuat pertemanan. Yuk, dicoba! (*)

Related Articles
Lifestyle
5 Alasan Harus Move On dari Masa Lalu, Entah Itu Orang atau Kejadian Tertentu

Lifestyle
3 Alasan Kenapa Bersyukur Tiap Hari Bisa Bikin Kesehatan Kita Lebih Baik!

Lifestyle
5 Akun TikTok Pemengaruh Kesehatan Mental yang Wajib Kamu Follow!