Entertainment

The Weeknd Kode-Kode Bakal Rilis Lagu Baru, tapi Bentuknya NFT

NFT alias benda koleksi digital memang lagi hits di kalangan figur publik.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 27th 2021


The Weeknd (Foto: Getty Images)

The Weeknd kode-kode bakal rilis lagu baru dalam waktu dekat, tapi ada yang berbeda dari karya yang selama ini ia rilis. Penyanyi satu ini menyebut ia akan merilis lagu barunya itu dalam bentuk NFT, alias benda koleksi digital.

"Lagu baru bakal hidup di dunia NFT. Bakal rilis sebentar lagi...," ujar penyanyi bernama Abel Tesfaye itu melalui twitnya, Sabtu (27/3). Sebenarnya pernyataan tersebut bisa punya dua arti, lagunya bakal berjudul Living In NFT Space atau lagunya dirilis dalam bentuk NFT.


Tangkapan layar twit @theweeknd

NFT sendiri adalah singkatan dari Non-fungible Tokens, sebutan untuk benda koleksi digital. Bendanya bisa file lagu, lukisan, audio, video, permainan, token, tiket, dan lain-lain. Biasanya kalau kita mengoleksi barang kan ada wujudnya tuh, sekarang ada benda koleksi yang nggak bisa kita pegang fisiknya. Benda koleksi satu ini menjadi bagian dari mata uang kripto.

Kita bakal dapat sertifikat kepemilikan dan kelebihan dari koleksi digital ini adalah nggak bisa hilang, ditiru, atau musnah karena keadaan tertentu. Harga NFT bisa naik dan turun dan bisa dipindah tangan ke orang lain yang ingin membeli. Banyak orang menjadikan koleksi digital ini sebagai investasi.

Kalau pelantun Save Your Tears ini bakal merilis lagunya dalam bentuk NFT, artinya lagu tersebut akan dipasarkan dalam bentuk benda koleksi. Siapa pun bisa memilikinya asalkan bersedia membayar harga yang ditentukan. Karena lagi booming banget di kalangan figur publik, NFT justru punya nilai yang fantastis banget dibandingkan barang nyata.

Misalnya Jack Dorsey--CEO Twitter—yang melelang sertifikat kepemilikan twit pertamanya hingga mencapai USD 2,9 juta (sekitar Rp41 miliar). Band rock Kings Of Leons juga merilis album terbaru mereka, When You See Yourself, sebagai NFT pada awal Maret ini. Grimes, musisi dan istri dari Elon Musk juga berhasil melelang koleksi seni digitalnya seharga USD 6 juta (sekitar Rp86 miliar). Wow.

Kalau The Weeknd bakal benar-benar merilis lagu barunya sebagai NFT, kecil kemungkinan harganya bakal terjangkau. Mari kita nantikan update yang akan datang~

Di luar itu, Abel yang gagal masuk nominasi apa pun di Grammy Awards tahun ini memutuskan untuk memboikot ajang penghargaan tersebut. Ia tak akan membiarkan label musiknya mengumpulkan karyanya untuk dinilai panitia Grammy. Selain itu, penyanyi satu ini baru aja merilis ulang House of Baloons, album pertama karier musiknya yang berhasil mengantarkan namanya ke industri hiburan.(*)

Related Articles
Entertainment
The Weeknd Luncurkan Karya Audio dan Visual dalam Bentuk NFT, Laku Rp29 Miliar

Entertainment
The Weeknd Bilang Album ‘After Hours’ Belum Usai, Apakah Bakal Ada Lagu Baru?

Entertainment
The Weeknd Rilis ‘Take My Breath’ Versi Extended dan BTS Video Musiknya!