Current Issues

CDC: Warga AS di Bawah 30 Tahun Paling Banyak Cemas dan Depresi Selama Pandemi

Dwiwa

Posted on March 27th 2021

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak orang merasakan kecemasan dan depresi. Di Amerika, orang dewasa muda semakin banyak yang melaporkan merasa cemas dan depresi selama enam bulan terakhir pandemi Covid-19.

Dilansir dari Reuters, sebuah studi pemerintah Amerika Serikat yang dirilis pada Jumat menemukan jika presentase orang dewasa di bawah usia 30 tahun dengan gejala kecemasan atau gangguan depresi baru-baru ini meningkat secara signifikan. Hal ini terjadi sekitar lima bulan setelah AS melakukan lockdown. Terlebih setelah adanya laporan peningkatan kematian akibat Covid-19 yang menyebar dengan cepat. Itu dalam kurun antara Agustus 2020 dan Februari 2021.

Jumlah kasus kecemasan dan gangguan depresi naik menjadi 41,5 persen dari 36,4 persen. Hal serupa juga terjadi pada presentase orang yang melaporkan bahwa mereka membutuhkan bantuan tetapi tidak menerima, konseling kesehatan mental.

Studi ini menunjukkan bahwa peningkatan kecemasan atau gejala gangguan depresi yang dilaporkan sesuai dengan jumlah mingguan kasus Covid-19 yang dilaporkan.

Temuan ini didasarkan pada Household Pulse Survey yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat dan Biro Sensus untuk memantau perubahan dalam status kesehatan mental dan akses ke perawatan selama pandemi.

“Tren kesehatan mental dapat digunakan untuk mengevaluasi dampak strategi menangani status kesehatan mental orang dewasa dan perawatan selama pandemi,” jelas penulis penelitian dalam Laporan Mingguan Morbiditas dan Kematian CDC yang dirilis pada Jumat.

Studi ini juga menemukan mereka yang memiliki pendidikan di bawah sekolah menengah lebih berisiko, meskipun tidak ada penjelasan lebih lanjut soal hal ini. Bahkan dengan semakin banyak vaksin yang bisa dipakai sejak akhir 2020, efek pandemi pada kesehatan mental berlanjut hingga 2021.

Temuan lain dari survei tersebut, selama 20 Januari 2021 hingga 1 Februari 2021, sekitar dua dari lima orang dewasa berusia di atas 18 tahun mengalami gehala kecemasan atau gangguan depresi baru-baru ini. Kalau kalian, apa ada yang juga merasakan gangguan kecemasan dan gejala depresi selama pandemi Covid-19? (*)

Related Articles
Current Issues
Peneliti: Tingkat Kecemasan dan Depresi di Kalangan Mahasiswa Terus Melonjak

Current Issues
Sekitar 76 Juta Orang Mengalami Kecemasan Karena Pandemi, Kalian Juga?

Current Issues
Studi: Kecemasan Melonjak Selama Pandemi, Terutama pada Wanita