Esports

Resmi! Inilah 8 Game yang Dipertandingkan di SEA Games 2021 Vietnam

Dika Afandi N

Posted on March 25th 2021

Turnamen olahraga multievent yang diadakan dua tahun sekali di Asia Tenggara, SEA Games akhirnya resmi mengumumkan jenis game yang akan dipertandingkan di cabang olahraga (cabor) esports. Ada dua game yang kembali ditambahkan dari SEA Games 2019 yang digelar di Filipina.

Sebelumnya pada SEA Games 2019 ada 6 game yang dipertandingkan, yakni DOTA 2, Mobile Legends, Arena of Valor, NBA 2K19, StarCraft 2 dan Tekken 7. Nah, kali ini di SEA Games 2021 ada tambahan dua game lagi, sehingga total 8 game yang dipertandingkan. Dan pada SEA Games ini pertandingan dibedakan antara tim wanita serta tim pria. Delapan game yang dipertandingkan itu adalah

1. Arena of Valor (Mobile) – Tim

2. PUBG (Mobile) – Tim dan Solo

3. Free Fire (Mobile) – Tim

4. League of Legends: Wild Rift (Mobile) – Tim pria dan Wanita

5. Mobile Legends: Bang Bang (Mobile) – Tim

6. League of Legends (PC) – Tim

7. FIFA Online 4 (PC) – Tim

8. Cross Fire (PC) – Tim

Kepastian 8 game di atas diumumkan langsung oleh Kementerian Olahraga Vietnam di situs resminya. Pada SEA Games 2021, DOTA 2 dan Tekken ditiadakan. Sebagai gantinya, FIFA Online 4 dan League of Legends: Wild Rift. Dari kedelapan game di atas yang memiliki banyak para penggemar di berbagai negara adalah Free Fire, PUBG Mobile, dan tentu saja Mobile Legends.

Pada SEA Games tahun 2019, kontingen Indonesia di game Mobile Legends hanya mampu meraih medali perak. Saat itu Tim Indonesia kalah oleh kontingen Filipina di grand final. Kontingen Indonesia saat itu diperkuat oleh Gustian “REKT”, Yurino “Donkey” Putra, Eko “Oura” Julianto, Muhammad “Wannn” Ridwan, Teguh “Psychoo” Imam, dan Andriand “Drian” Larsen.

SEA Games 2021 tetap akan diikuti oleh 11 negara Asia Tenggara. Yakni, Brunei Darusalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Timur, dan tentu tuan rumah Vietnam.

Tinggal kita tunggu bagaimana sistem seleksi yang akan diadakan. Harusnya ini bisa dilakukan secepat mungkin menengok hanya tinggal beberapa bulan sebelum SEA Games dimulai. Semoga kontingen Indonesia bisa punya persiapan yang baik dan merebut banyak medali di SEA Games nanti, jangan lupa dukung Indonesia ya! (*)

Related Articles
Esports
Segera Dimulai, Inilah Skema Esports PON XX Papua 2021

Esports
Yamisok x Oxtrade Bikin Turnamen Esports Sekaligus Belajar Trading

Esports
Streaming Paling Banyak Ditonton, PUBG Mobile Dinobatkan Terpopuler di 2020