Sport

Barcelona Jadi Klub Terbaik Dunia Satu Dekade Terakhir, Siapa Saja di Top 10?

Dwiwa

Posted on March 25th 2021

(IFFHS)

Perjalanan Barcelona dalam dua musim terakhir memang sedikit lebih terjal dibanding musim-musim sebelumnya. Bahkan dua kali berturut-turut tim yang di bela oleh Lionel Messi dan kawan-kawan ini tersingkir di perempat final Liga Champion.

Tetapi ternyata, tim yang bermarkas di Camp Nou ini masih mampu mendapat gelar sebagai klub sepakbola terbaik dunia dalam satu dekade terakhir. Gelar tersebut diperoleh dari Federasi Sejarah dan Statistik Sepakbola (IFFHS) pada Rabu (24/3).

Ini adalah gelar kedua yang didapat Barcelona dari IFFHS dalam minggu ini. Sebelumnya, tim asuhan Ronald Koeman ini juga sudah dinobatkan sebagai klub Eropa terbaik periode 2011-2020. Sementara untuk kategori klub terbaik dunia, ini adalah kedua kalinya setelah periode 2001-2010 lalu.

Barcelona berhasil mengungguli klub raksasa Eropa lainnya seperti Real Madrid CF, Bayern Munchen, hingga Manchester United. Selain karena berhasil memboyong enam gelar La Liga, dua trofi Liga Champions, serta dua Piala Dunia Antar Klub, Barcelona juga telah banyak mencetak gol dan meraih kemenangan sepanjang satu dekade terakhir.

Hal itulah yang membuat tim raksasa asal Spanyol ini berhasil meraih poin 2877 jauh di atas Real Madrid CF yang berada di posisi kedua dengan 2594,5 poin. Kemudian di posisi ketiga ada Bayern Munche yang diikuti Parist Saint-Germain dan Atletico Madrid.

Sementara itu di posisi keenam ada Juventus FC. Sedangkan posisi ketujuh sampai ke sepuluh diisi oleh empat klub raksasa asal Inggris yakni Chelsea FC, Manchester City FC, Manchester United FC, serta Arsenal FC.

Sementara Liverpool harus puas berada di posisi ketujuh belas meskipun baru saja memenangkan trofi Liga Inggris musim 2019-2020. (*)

 

Related Articles
Sport
Ini 10 Pemain Berpenghasilan Tertinggi Versi Forbes, Lionel Messi Ada di Puncak

Sport
Tak Ada Messi atau Ronaldo di Semi Final Liga Champion Musim Ini

Sport
Sembuh Covid-19, Cristiano Ronaldo Cetak Dua Gol untuk Kemenangan Juventus