Entertainment

Kebijakan 'No Zoom' di Oscar Tahun Ini Timbulkan Kontroversi

Jingga Irawan

Posted on March 25th 2021

Perhelatan Oscar pada 25 April mendatang bakal digelar dengan pertemuan fisik, tanpa adanya jalur virtual seperti menggunakan Zoom. Penyelenggara Oscar memastikan bahwa tamu yang hadir bersifat terbatas. Hanya untuk nominasi, presenter, dan tamu khusus saja. Semua tamu bahkan bakal diminta melakukan tes dengan protokol kesehatan Covid-19.

"Tidak akan ada opsi untuk Zoom pada Oscar tahun ini," kata Steven Soderbergh, produser 93rd Academy Awards, menekankan bahwa semua nominasi yang absen tidak diberikan opsi hadir melalui virtual meeting.

Kebijakan "No Zoom" untuk Oscar tahun ini tentu menyusahakan banyak nominasi yang tinggal di luar Amerika Serikat. Apalagi bagi mereka yang masih berada di bawah pembatasan Pandemi Covid-19, sebagaimana dilansir dari Reuters.

Variety dan Deadline memberitakan pada Rabu, (24/3) bahwa beberapa eksekutif studio telah mengeluh ke penyelenggara Oscar tentang waktu, biaya dan masalah karantina, apabila keputusan untuk meminta nominasi datang di tempat tetap dilanjutkan.

Setidaknya sembilan nominasi, termasuk kategori Best Picture dan Best Director, Promising Young Women karya Emerald Fennell, serta bintang utamanya Carey Mulligan, tinggal di Inggris. Padahal pekan depan negara tersebut diperkirakan bakal melarang perjalanan internasional yang tidak terlalu mendesak hingga pertengahan Mei tahun ini.

Belum lagi kebijakan bagi pengunjung yang pergi ke California saat ini diharapkan melakukan karantina selama 10 hari. Wisatawan dari AS yang bepergian ke luar negeri juga tunduk pada persyaratan karantina yang berbeda-beda.

Selain itu, perwakilan lima nominasi dalam kategori Best International Feature Film yang berasal dari  Denmark, Hong Kong, Rumania, Tunisia, dan Bosnia juga kesulitan untuk datang ke Los Angeles Union Station and Dolby Theatre dalam kondisi seperti ini.

Biasanya, ratusan aktor dan aktris papan atas bakal berkumpul di ruangan berkapasitas 3.400 kursi tersebut untuk melakukan live-show yang dimulai dengan pengenalan red carpet, dan dipenuhi fotografer serta wartawan.

Selain Oscar, acara penghargaan lainnya telah digelar secara virtual dalam beberapa bulan terakhir. Namun, penonton televisi telah merosot. Sebagai contoh, Golden Globes dan Grammy hanya menarik sejumlah kecil penonton dalam dekade terakhir. (*)

Related Articles
Entertainment
Meski Banyak Kendala, Oscars 2021 Tetap Sukses Digelar. Ini Daftar Pemenangnya!

Entertainment
BAFTA Film Awards 2021 Sukses Digelar, 'Nomadland' Menang Banyak

Entertainment
Priyanka Chopra dan Nick Jonas Bakal Umumkan Nominasi Oscar