Korea

Ini 3 Alasan Warga Korea Boikot Joseon Exorcist

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 25th 2021

Jang Dong Yoon dalam drama Joseon Exorcist. (SBS)

 

Drama Joseon Exorcist kembali tersandung masalah. Sebelumnya, drama yang dibintangi Jang Dong Yoon, Park Sung Hoon serta Kam Woo Sung tersebut dikritik karena menampilkan properti yang berhubungan dengan Tiongkok.

Adegan tersebut berlangsung di sebuah gisaengjib yang terletak di perbatasan Uiju. Banyak yang menyebut bahwa karena lokasi tersebut masih dalam garis Joseon, properti yang ada di meja termasuk botol minuman keras dan makannnya seharusnya dari Korea. Sedangkan properti yang ditampilkan adalah kue bulan, pídàn juga minuman keras khas Tiongkok.

SBS lalu memeberi klarifikasi soal perkara ini. Mereka menyebut bahwa lokasi gisaengjib tersebut berada di ujung Joseon dan perbatasan Dinasti Ming, sehingga mereka harus menggunakan properti Tiongkok.

Namun, setelah episode selanjutnya ditayangkan, warga Korea justru semakin kesal dan memutuskan untuk memboikot Joseon Exorcist karena tiga alasan ini:

1. Kisah yang terlalu dramatis
Para penonton mempermasalahkan Joseon Exorcist karena dinilai terlalu dramatis. Contohnya seperti adegan Raja Taejong yang membunuh orang akibat halusinasi. Padahal, dalam sejarah, Raja Taejong disebut sebagai salah satu pemimpin yang disegani karena telah membantu perekonomian negara.

Marco, pengusir setan dari Barat, juga menggunakan bahasa kasar terhadap anggota keluarga kerajaan, Pangeran Chungnyung.

 

2. Menggunakan figur sejarah asli
Publik mengirimkan petisi formal ke Blue House. Isinya, mereka khawatir jika penonton dari negara lain akan menganggap karakter-karakter di drama ini sesuai dengan sejarah era Joseon. Menurut petisi tersebut, bila dramanya masuk kategori fantasi, seharusnya mereka membuat karakter baru.

Mereka menyebut Joseon Exorcist berisiko merusak sejarah dan meminta penayangan dihentikan. Petisi tersebut mendapat 127.000 tanda tangan dalam satu hari.

 

3. Ketegangan dengan Tiongkok
Kedua negara memang tengah memiliki permasalahan soal budaya. Warga Korea marah karena Tiongkok mengklaim beberapa budaya Korea diciptakan oleh Tiongkok. Seperti kimchi, taekwondo, hanbok, hingga bendera negara Korea.

Beberapa iklan pun memutuskan mundur dari Joseon Exorcist, seperti LG Lifestyle and Health, KT Telecom, CJ Jeil Jedang, Banollim Foods, Samsung, dan lain-lain.

Karena masalah yang bertubi-tubi, SBS memutuskan untuk menunda penayangan episode minggu ini. (*)

Related Articles
Entertainment
Aktor MV 'Come Back Home' BTS Main Drama bareng Lee Min Ho di 'The King'

Entertainment
Gimana Sulitnya Aktor 'The King: Eternal Monarch' Mainkan 2 Peran Sekaligus?

Entertainment
Terkesan dengan Sinematografi The King: Eternal Monarch? Ini Sosok di Baliknya!