Lifestyle

10 Superfood ini Direkomendasikan untuk Pola Makan Sehat

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 24th 2021

(Meal Garden)

 

Ada banyak jalan menuju Roma, termasuk jalan agar tubuh menjadi lebih sehat. Salah satu solusi yang banyak digaungkan adalah mengonsumsi superfood.

Mendengar istilahnya, mungkin jadi terbayang makanan dengan kekuatan super yang bisa menjadi menjawab semua kebutuhan tubuh kita. Menurut Live Science, superfood adalah makanan yang kebanyakan terdiri dari nabati, ikan dan susu, dan dianggap kaya nutrisi sehingga baik untuk kesehatan. Namun, American Heart Association mengatakan bahwa tidak ada kriteria yang ditetapkan untuk menentukan apa itu makanan super dan apa yang bukan makanan super.

"Superfood tidak memiliki kelompok makanan sendiri," kata Despina Hyde, ahli diet dengan program manajemen berat badan di Pusat Medis Langone Universitas New York.

"Sebagai ahli diet, saya pikir 'makanan super' lebih merupakan istilah pemasaran untuk makanan yang memiliki manfaat kesehatan."

Meski begitu, memang benar bahwa superfood mengandung berbagai macam nutrisi, seperti antioksidan, yang dianggap dapat menangkal kanker. Mereka juga memiliki lemak sehat, yang dianggap dapat mencegah penyakit jantung; serat, dianggap mencegah diabetes dan masalah pencernaan; dan fitokimia - bahan kimia dalam tumbuhan yang bertanggung jawab atas warna dan bau yang dalam, yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tetapi, kunci pola makan yang sehat adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan bergizi dalam jumlah yang tepat.

Berikut 10 superfood untuk diet sehat yang dipublikasikan oleh Harvard Health Publishing:

 

1. Buah beri
Buah beri tinggi serat dan memiliki rasa manis yang alami. Warnanya kaya, menunjukkan bahwa kandungan antioksidannya tinggi dan memiliki nutrisi untuk melawan penyakit. Buah beri bisa dikonsumsi dengan cara mencampurnya dengan yogurt, sereal, dan smoothie.

2. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berwarna hijau gelap adalah sumber vitamin A, vitamin C dan kalsium yang baik, serta beberapa fitokimia. Mereka juga kaya serat. Sayur yang termasuk kategori ini di antaranya adalah bayam, kangkung dan sawi.

3. Kacang
Kacang hazelnut, walnut, almond dan pecan baik sebagai sumber protein. Mereka juga mengandung lemak tak jenuh yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Minyak zaitun
Merupakan sumber vitamin E, polifenol, asam lemak tak jenuh tunggal, yang semuanya membantu mengurangi risiko penyakin jantung.

5. Biji-bijian utuh
Sebagai sumber serat larut dan tidak larut yang baik, biji-bijian juga mengandung beberapa vitamin B, mineral, dan fitonutrien. Mereka telah terbukti menurunkan kolesterol dan melindungi dari penyakit jantung dan diabetes.

6. Yogurt
Sebagai sumber kalsium dan protein yang baik, yogurt juga mengandung probiotik. "Bakteri baik" ini dapat melindungi tubuh dari bakteri lain yang lebih berbahaya. Cobalah makan lebih banyak yogurt, tapi hati-hati dengan yogurt berbuah atau rasa, yang mengandung banyak gula tambahan. Lebih baik, pilih yogurt tanpa rasa dan tambahkan buah sendiri. Carilah yogurt yang memiliki “kultur aktif hidup” seperti Lactobacillus, L. acidophilus, L. bulgaricus, dan S. thermophilus.

7. Sayuran kucifer
Sayuran yang dimaksud adalah brokoli, kubis, kembang kol, sawi, kale dan lobak. Mereka adalah sumber serat, vitamin, dan fitokimia yang sangat baik termasuk indoles, tiosianat, dan nitril, yang dapat mencegah beberapa jenis kanker.

8. Kacang polong
Mencakup kacang merah, hitam, merah, dan garbanzo, serta kedelai dan kacang polong. Kacang-kacangan adalah sumber serat, folat, dan protein nabati yang sangat baik. Studi menunjukkan bahwa mereka dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

9. Tomat
Tinggi vitamin C dan likopen, ia terbukti mengurangi risiko kanker prostat.

10. Ikan
Ikan merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3. Ikan yang mengandung omega-3 tinggi adalah salmon, tuna, mackerel, herring, trout, teri dan sarden. (*)

Related Articles
Lifestyle
Di Rumah Aja Tapi Kondisi Kulit Wajah Memburuk? Ini Penyebab dan Solusinya!

Lifestyle
Jalan 10.000 Langkah di Rumah? Bisa Banget! Tonton aja 5 Video ini!

Interest
Cegah Distribusi Produk Kecantikan Abal-abal, Kominfo akan Atur Para Influencer