Lifestyle

Kenalan Sama si Pelembab Ajaib, Hyaluronic Acid!

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 24th 2021

(Harper's Bazaar)

 

Bagi para penggemar skincare, pasti sudah bolak-balik mendengar nama bahan satu ini: hyaluronic acid. Pasalnya, semakin banyak merek ternama, lokal maupun yang masih baru menjadikan bahan ini sebagai jagoan. Sebenarnya, apa itu hyaluronic acid dan seberapa 'ajaib' dia?

Dilansir dari NDTV, sebenarnya tubuh kita secara alami memproduksi hyaluronic acid. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga jaringan kulit agar tetap lembab.

Tetapi, level hyaluronic acid di tubuh kita dapat terpengaruh oleh faktor eksternal, seperti paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, polusi, dan lain-lain. Bertambahnya usia juga mengurangi kadar hyaluronic acid di dalam kulit kita.

"Hampir semua orang membicarakan tentang hyaluronic acid sekarang. Dia secara alami hadir di kulit kita bersama dengan bagian-bagian kulit lainnya. Kalian juga mungkin pernah mendengar tentang elastin dan kolagen yang merupakan bagian penting dari kulit kalian. Hyaluronic acid mendukung dan menjaga agar mereka tetap sehat. Ia memberi kelembaban dan peremajaan terhadap kulit," jelas dermatolog Dr. Rashmi Shetty.

Ajaibnya, studi juga menunjukkan bahwa hyaluronic acid membantu mengurangi kerutan dan kemerahan pada kulit. Ia mampu membuat kulit tampak lebih lebih halus. Nah, bagaimana cara membertahankan level hyaluronic acid di kulit? Berikut tips dari Dr. Shetty:

 

1. Tambahkan sumber makanan hyaluronic acid
Makanan seperti sayuran akar alias yang berasal dari tanah seperti wortel, lobak, bit, dan lain-lain, kemudian buah-buahan citrus seperti jeruk, anggur dan lemon, serta sayuran daun hijau dapat membantu tubuh memproduksi hyaluronic acid.

2. Suplemen
Hyaluronic acid juga bisa didapat dalam bentu suplemen. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

3. Anti-inflamasi
Tambahkan makanan yang bersifat anti-inflamasi untuk membantu hyaluronic acid bekerja dengan baik.

4. Gunakan serum
Serum adalah produk yang paling banyak menggunakan hyaluronic acid. Penting juga untuk memeriksa kandungan B5 atau B6 di dalamnya.

5. Aplikasikan krim
Tambahkan krim yang kandungan utamanya adalah air dan memiliki hyaluronic acid dalam rutinitas perawatan kulit. (*)

 

Related Articles
Interest
Dari Baekhyun 'EXO' sampai Jihyo 'TWICE', ini 7 Skincare Routine Idol K-Pop!

Interest
Kulit Wajah Kering Saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Lifestyle
Di Rumah Aja Tapi Kondisi Kulit Wajah Memburuk? Ini Penyebab dan Solusinya!