Korea

LILAC, Album Pertama IU Tanpa Lagu Buatannya Sendiri

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 24th 2021

 

Ketika mendengar nama IU, tak hanya kepiawaiannya dalam bernyanyi dan akting yang teringat, tetapi juga kemampuan 'meracik' albumnya sendiri. Sepanjang kariernya, IU pasti memiliki lagu buatannya terselip di albumnya. Untuk pertama kalinya, IU tidak menyertakan karyanya di album ke-5 LILAC.

Saat diwawancara oleh W Korea, mereka mengingat kembali sesi empat tahun lalu, di mana penyanyi bernama asli Lee Ji Eun ini mengaku memiliki ambisi besar dalam musik sejak masih kecil. IU mengakui bahwa ia juga memikirkan hal tersebut kala menggarap LILAC.

"Aku memikirkannya ketika membuat album ini. Arti di balik pesan-pesannya, suara musknya, semuanya indah dan penuh warna. Di album ini, tidak ada lagu buatanku sendiri. Dari sudut pandang produserku, mereka bilang bahwa hanya karena ini albumku bukan berarti harus ada lagu buatanku sendiri. Hingga kini, aku menceritakan kisah pribadiku melalui musik dengan cara yang keren dan sederhana. Mereka tidak cocok dengan gaya album ini jadi aku memutuskan untuk mengeluarkan lagu-laguku," tutur IU.

Pemeran Jang Man Wol dalam Hotel Del Luna tersebut menambahkan, ketika albumnya dirilis, ia ingin orang-orang berpikir bahwa IU telah merilis album yang sangat blak-blakan. Ia ingin pendengarnya merasa bahwa LILAC bisa dinikmati musiknya, tetapi juga mengundang opini.

"Sebuah album yang menyenangkan dari awal sampai akhir dan tidak memiliki satupun lagu yang membuatmu merasa terpaksa mendengarnya," katanya.

LILAC menjadi sebuah album yang sangat berbeda dari karya-karyanya yang lalu. Menurutnya, ia telah mencapai level pengalaman karier di mana ia bisa memutuskan apakah sebuah lagu bisa langsung menarik hati pendengar sejak pertama kali diputar, atau apakah itu sebuah lagu yang perlu didengarkan dua sampai tiga kali hingga bisa disukai.

"Aku telah menciptakan album yang, meskipun aku sudah tahu, aku bakal berpikir, 'Walau begitu, aku masih ingin menambahkan lagu ini sebagai b-side' atau 'ini adalah lagu buatanku yang berisi sari hidupku jadi aku ingin memasukkannya'. Tetapi, di album ini, tidak ada lagu seperti itu," jelasnya.

Soal judul albumnya, LILAC, IU menyebut konsepnya adalah menyambut usia 30 dan meninggalkan usia 20.

"Suasana dan tema album ini lebih jelas dari sebelumnya dan temanya adalah 'Sambutan'. Album ini merupakan pesan selamat tinggalku kepada usia 20-ku. Ia berisi apresiasiku terhadap orang-orang yang sudah memperhatikanku selama usia 20an. Istilah utama LILAC adalah 'kenangan masa mudaku'. Jadinya seakan aku mengekspresikan 'Aku sekarang bergerak menuju lembaran baru' di selamat tinggalku, sambil mengatakan 'halo' kepada babak baru usia 30-ku," ucapnya. (*)

Related Articles
Entertainment
Apa Jadinya Kalau NIKI dan Lisa 'BLACKPINK' Beneran Berkolaborasi?

Korea
Deretan Artis K-Pop Generasi Kedua yang Comeback, Siapa Saja Ya?

Entertainment
Keseharian IU Selama Social Distancing: Nonton 'Money Heist' dan Olah Raga