Tech

YouTube Uji Coba Fitur yang Bisa Mendeteksi Produk dalam Video

Jingga Irawan

Posted on March 24th 2021

Ilustrasi via Getty Images

Platform media sosial saat ini memang lagi getol mengembangkan teknik periklanan produk. YouTube misalnya, tengah melakukan uji coba fitur yang dinilai dapat membawa perubahan besar ke industri periklanan.

Fitur ini memiliki kemampuan mendeteksi produk yang sedang ditampilkan dalam video, kemudian merekomendasikan daftar produk tersebut untuk ditawarkan pada penonton.

"Kami sedang bereksperimen dengan fitur baru yang menampilkan daftar produk yang terdeteksi di beberapa video, serta produk terkait, tujuannya adalah membantu orang-orang menjelajahi lebih banyak video dan informasi tentang produk tersebut di YouTube,” begitu pernyataan YouTube yang dikutip BBC.

Contohnya nih, ketika kalian menonton ulasan mengenai "10 smartphone teratas tahun 2020”, penonton bakal melihat ikon “view products” yang mencantumkan model smartphone dalam video.

"Dari sana, penonton dapat menjelajahi halaman setiap produk untuk melihat lebih banyak informasi dan opsi pembelian untuk produk tersebut," tambah YouTube.

Ditambah, auto-detection juga bisa merekomendasikan video yang dibuat oleh channel YouTube lain di platform tersebut yang menampilkan produk terkait, lho.

Auto-detection saat ini sedang diuji pada beberapa pengguna di Amerika Serikat saja. Akan tetapi, menurut para ahli, fitur serupa bakal berkembang dengan pesat. Bahkan dinilai cukup efektif untuk menarik minat pelanggan pada sebuah produk.

Sebagaimana dilansir dari BBC, seorang brand designer Laura Weldon, yang juga ahli di dibidang periklanan berpendapat bahwa fitur ini dapat menguntungkan para pebisnis kecil. Karena, pengusaha dapat mengunggah video tentang produk mereka ke YouTube, kemudian memberikan informasi terkait produk tersebut untuk dibeli.

Sementara itu, direktur strategi agensi komunikasi sebuah brand kecantikan ternama, Natasha Hulme, mengatakan “Fitur baru ini dapat memudahkan pembeli menemukan produk kecantikan direkomendasikan oleh beauty vlogger dan memperkecil kemungkinan produk terlewatkan dalam konten.” (*)

 

Related Articles
Tech
Pengguna Keluhkan Fitur Fleets di Twitter

Tech
YouTube Kembangkan Fitur 'Applause', Penonton Bisa Kasih Tip Langsung ke Kreator

Tech
Telegram Bakal Luncurkan Langganan Berbayar