Tech

Spotify Bakal Update Tampilan Home, Bisa Lihat Progress Dengar Podcast

Bisa balik dengar lagi hanya dengan sekali klik

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 23rd 2021

(Mengandung gambar dari Spotify)

Spotify memang gak selesai-selesainya bikin pengguna betah mendengarkan konten. Baru-baru ini, aplikasi streaming satu ini mengumumkan bahwa mereka akan memperbarui tampilan home biar lebih mudah mendengar kembali konten yang kita suka dan menemukan konten serupa tanpa susah payah.

Untuk saat ini, tampilan beranda untuk perangkat mobile kan ada kotak-kotak lagu atau podcast yang baru kita dengar di bagian atas. Blok-blok itu cuma berisi lagu atau podcast beserta sampulnya aja. Nah, di update yang akan datang, kita bisa melihat progress mendengar podcast secara langsung tanpa bingung.

Bagian beranda Spotify saat ini

Misalnya kita lagi dengar suatu episode podcast terus terpaksa berhenti. Nah, di blok podcast tersebut bakal ada progress bar yang menandai sampai mana kita sudah mendengarkan. Gak ada persentasenya sih, tapi setidaknya tahu lah.

Tampilan beranda versi yang akan datang (Foto: Spotify)

Selain itu, kita juga gak bakal ketinggalan kalau podcast favorit kita sudah mengunggah episode baru. Bakal ada titik biru kecil di blok podcast yang ada di beranda kita, menandai kalau podcast tersebut ada konten baru. Nah, dua fitur khusus pecinta podcast ini bakal muncul kalau kamu langganan, alias premium (sorry pecinta gratisan, gak dulu).

Masih di bagian home, pengguna premium nantinya juga disuguhkan konten terbaru buatan musisi favorit mereka. Posisinya ada di bagian tengah layar dan eye-catching banget, memastikan kamu dengar konten terbaru itu. Tenang, Spotify lumayan jago kok mendeteksi selera musikmu.

Tampilan beranda versi yang akan datang (Foto: Spotify)

Lah, update-nya cuma buat pengguna premium? Nggak kok. Spotify juga akan merilis fitur travel back in time, berlogo waktu di bagian atas layar. Sama aja kayak history sebenarnya, tapi lebih spesifik.

Kita bisa melihat semua konten yang kita dengar selama tiga bulan belakangan, mulai dari podcast, episode podcast, playlist, lagu, album, pokoknya semua hal yang kita dengar di aplikasi ini. Ada keterangan waktu juga kapan kita mendengarnya.

Tampilan beranda versi yang akan datang (Foto: Spotify)

Nah, itu dia sederet fitur baru home Spotify yang akan rilis dalam bulan ini. Yang mana nih yang paling kamu tunggu?

Di luar itu, Spotify sedang mengembangkan Spotify HiFi, layanan untuk memberikan kualitas audio lossless yang pastinya bisa memanjakan telinga. Di awal Januari lalu, platform ini juga mematenkan sebuah fitur rekomendasi musik dari deteksi emosi. (*)

Related Articles
Tech
Spotify Kini Mungkinkan Pengguna Unduh Konten di Desktop, Bisa Didengar Offline

Tech
Spotify Rilis Fitur What’s New, Feed yang Rangkum Info Lagu dan Podcast Baru

Tech
Spotify Perbolehkan Kreator Jadikan Podcast Berbayar dengan Biaya Langganan