Korea

JB GOT7 Bicarakan Tanggung Jawab Leader dan Nama Panggung JAY B

Delya Oktovie Apsari

Posted on March 23rd 2021

JAY B GOT7 dalam pemotretan bersama Arena Homme Plus. (Soompi)

 

Hengkangnya seluruh member GOT7 dari JYP Entertainment bisa dibilang sebagai kenangan bittersweet. Lepas dari agensi yang membesarkan nama mereka selama enam tahun tersebut, beberapa member GOT7 mulai membagikan kegiatan maupun karya baru mereka. Salah satunya adalah sang leader, JB alias JAY B.

Dalam wawancaranya bersama Arena Homme Plus, JAY B membeberkan proses GOT7 sebagai grup dalam merencanakan masa depan mereka, serta tanggung jawab JAY B sebagai leader yang kini terasa semakin berat.

"Kami semua berbagi opini tentang keluar (dari agensi) bersama-sama dan melakukan sesuatu sendiri-sendiri," ucap pemeran Jang Woo Jae dalam drama Dream High 2 tersebut.

"Aku mengambil tanggung jawab untuk seluruh proses dengan label rekaman yang baru dan kami merilis single Encore baru-baru ini. Aku bangga telah melakukan sesuatu yang berbeda dari yang pernah kulakukan. Single ini menunjukkan bahwa kami tidak bubar, jadi langkah selanjutnya jauh lebih penting. Ketika kami meninggalkan JYP, CEO Jung Wook berkata padaku, 'Inilah saat di mana pekerjaan leader yang sesungguhnya dimulai'. Aku telah menyadari kebenaran dari kata-katanya," cerita penggemar fotografi ini.

Ia melanjutkan, selama promosi bersama GOT7, JAY B sering memikirkan tentang keuntungan-keuntungan yang tak ia syukuri. Ia bahkan berpikir tentang kerja keras yang dibutuhkan sebelum mereka sampai ke sebuah acara.

"Aku ingin berpartisipasi langsung dalam proses pekerjaan ini. Aku ingin tahu setiap langkah proses pembuatan sebuah album, pembuatan sebuah lagu, dan bagaimana sulitnya," ucapnya.

 

 

Ia menganggapnya sebagai langkah memulai dari bawah dan rendah hati. Ia merasa membutuhkan banyak keberanian, karena ia memegang posisi penting namun pengetahuan yang ia miliki terbatas.

"Aku takut bila celah yang harus kulalui lebih besar jika aku meninggalkan agensi. Tapi aku tahu celah ini hanya akan menjadi lebih luas bila aku tetap di sini, jadi aku memutuskan untuk terjun secepat mungkin, karena di sinilah aku sekarang," katanya.

Soal pengubahan nama panggung, ini bukan pertama kali JAY B melakukannya. Nama aslinya adalah Im Jae Bum, namun ia melakukan promosi bersama GOT7 dengan nama JB. Ia juga pernah merilis musik menggunakan nama lain, yaitu Def..

"Aku ingin menunjukkan gaya hip hop atau R&B dengan daya tarik populer melalui JAY B, sedangkan ketika aku melakukan sesuatu yang aku inginkan, aku melakukannya dengan nama Def.. Def. adalah nama b-boy yang aku pakai sebelum aku menjadi trainee, jadi seperti bagaimana yang sudah aku lakukan hingga sekarang, aku bisa merilis mixtape di bawah nama itu, atau membuka pameran fotografi, atau melakukan pekerjaan fiksi lainnya. Aku ingin bekerja secara natural di hal-hal yang harus aku lakukan dan hal-hal yang ingin aku lakukan." (*)

 

Related Articles
Entertainment
GOT7 Ungkap Khawatir dengan Comeback 'DYE', ini Alasannya!

Entertainment
4 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Drakor Jinyoung 'GOT7', 'When My Love Blooms'!

Entertainment
GOT7 Kembali dengan Lagu Cinta Layaknya Dongeng di MV 'Not by the Moon'