Tech

Hari ini, Twit Pertama Bos Twitter Berusia 15 Tahun

Kini Twitter Terus Berkembang, Ini 5 Fitur Terbaru

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 22nd 2021

(Mengandung tangkapan layar twit @jack)

Twitter sudah berkembang banget sejak pertama kali dirilis pada 2006. Media sosial satu ini mengawali kancah di dunia maya dengan memungkinkan para pengguna mengungkapkan pikiran melalui tulisan.

Hari ini, 22 Maret 2021 tepat 15 tahun sejak CEO Twitter Jack Dorsey, pertama kalinya mengetwit di platform buatannya.

Pada 15 tahun lalu, Dorsey hanya berkata, “just setting up my twttr.” Twit itu kini dilelang sebagai NFT (Non-fungible Tokens) atau bisa dibilang sebagai barang koleksi digital. Nggak main-main, sertifikat kepemilikan twit daru bos Twitter itu ditawar sampai harga USD 2,5 juta (Rp36 miliar).

Twit pertama Jack Dorsey

Jual-beli kepemilikan twit itu juga menjadi salah satu perkembangan Twitter setelah cukup lama eksis di dunia maya, Nah, apa lagi ya fitur-fitur baru yang bakal muncul di media sosial satu ini? Nih beberapa di antaranya.

1. Spaces

(Foto: Twitter)

Sering lihat orang-orang pamer bisa ikut obrolan di Clubhouse? Twitter mau bikin pengalaman serupa dengan fitur Twitter Spaces. Intinya sama, sebuah ruangan obrolan tentang topik tertentu yang bisa dihadiri pendengar dan dipimpin oleh host.

Sementara ini, fitur ini masih dalam tahap awal jadi belum sempurna. Hanya pengguna iOS yang bisa memulai Spaces, pengguna Android hanya bisa gabung dan mendengarkan.

2. Undo Send

(Foto: Twitter @wongmjane)

Banyak banget yang berharap Twitter merilis fitur mengedit twit karena pasti kita pernah typo atau salah informasi. Tapi, sepertinya platform satu ini gak bakal mewujudkan mimpi tersebut. Sebagai gantinya, Twitter lagi uji coba untuk fitur Undo Send.

Fitur ini bakal memungkinkan kita untuk membatalkan mengunggah sebuah twit dalam waktu lima detik. Setelah itu, twit akan terunggah dan kalau mau kita batalkan, harus dihapus manual. Masalahnya adalah di Twitter itu twit yang sudah terhapus masih bisa dilihat sampai kita memuat ulang timeline. Jadi, ada kemungkinan twit kita sudah di-capture dan disebar deh~

Dilansir dari pengguna Twitter @wongmjane, fitur ini kemungkinan akan masuk ke salah satu fitur berbayar Twitter. Platform satu ini memang terdengar sedang merencanakan sistem berlangganan sih....

3. Super Follows

(Foto: Twitter)

Lagi-lagi berkaitan sama cuan, Twitter sedang merencanakan untuk membuat kreator bisa menerima pendapatan dari fans yang mau membayar. Semacam keanggotaan gitu, tapi namanya Super Follows. Pengikut ”super“ ini bakal dapat surat kabar eksklusif, konten khusus, lencana yang menunjukkan kalau “aku bayar lho”, dan lain-lain.

4. Twitter Communities

(Foto: Twitter)

Komunitas pasti terbentuk di media sosial apapun, tapi Twitter bisa dibilang lumayan telat mengembangkannya. Pengalaman berkomunitas di media sosial ini mentok di base-base sesuai minat, gak ada grup khusus untuk sharing. Nah, platform satu ini lagi mengembangkan fitur komunitas sesuai hobi nih.

5. E-Commerce

(Foto: Twitter)

Twitter peka kalau platform mereka juga sering dipakai untuk cari cuan. Melihat seringnya toko atau brand tertentu membagikan tautan web perusahaan mereka, media sosial satu ini berencana membuat update simpel untuk tampilan preview link.

Biasanya kan kalau kita menyertakan tautan di twit hanya memunculkan pratinjau foto, judul, dan nama web. Versi terbaru akan lebih eye-catching dengan langsung tertulisnya nama barang, harga, dan tombol biru untuk membeli. Terlihat sepele, tapi ini bisa mendorong lebih banyak orang untuk checkout barang.

Nah, itu dia sederet fitur baru yang sedang dikembangkan oleh Twitter. Yang mana nih yang paling kamu tunggu-tunggu? (*)

Related Articles
Tech
Twitter Akan Rilis 3 Fitur Baru, Konten Berbayar sampai Fitur Mirip Clubhouse

Tech
Twitter Uji Coba Fitur Undo Send, Ada Kesempatan Buat Membatalkan Twit Impulsif

Tech
Twitter Uji Coba Fitur E-Commerce, Akun Bisnis Diharapkan Bisa Lebih Berkembang