Entertainment

The Falcon and The Winter Soldier Tampilkan LAF, Kelompok Kriminal Baru

Ahmad Redho Nugraha

Posted on March 20th 2021

Series terbaru MCU Phase 4 di Disney+, The Falcon and the Winter Soldier memperkenalkan LAF. Itu adalah kelompok penjahat baru dalam semesta cerita MCU. Dalam adegan pembuka episode pertamanya, Sam Wilson alias Falcon terjun dan beraksi melawan LAF, sebuah kelompok kriminal baru.

Batroc, sosok yang sempat muncul di cerita Captain America: The Winter Soldier juga tampak menjadi bagian dari LAF yang menculik Kapten Vasant. LAF kemudian menjadikan Kapten Vasant sebagai sandera untuk memasuki fasilitas Angkatan Udara Libya, namun aksi mereka berhasil dipatahkan oleh Falcon seorang diri.

Siapa LAF? Apakah kemunculan mereka memiliki hubungan dengan cerita komik Marvel?

Dalam cerita filmnya, LAF adalah kelompok kriminal yang mengambil keuntungan dari kekacauan dunia setelah kejadian di film Avengers: Endgame. Georges Batroc, sosok tentara bayaran yang dulu pernah dihajar Captain America di film Captain America: The winter Soldier kini tampaknya menjadi pemimpin kelompok tersebut. LAF dipersenjatai dengan berbagai gawai perlengkapan tempur canggih.

Dalam cerita komiknya, tidak ada organisasi kejahatan bernama LAF, sehingga belum diketahui apakah keberadaan kelompok ini akan berdampak signifikan terhadap kelanjutan serial tersebut. Meski demikian, keberadaan karakter Batroc mengindikasikan jika LAF kemungkinan merupakan pengganti dari Batroc's Brigade, kelompok penjahat dari film spin-off kedua Captain America.

Di cerita komiknya sendiri, Batroc's Brigade disewa oleh Baron Wolfgang Strucker, mantan pemimpin HYDRA, untuk membunuh Captain America.

Von Strucker sendiri sudah tewas di film Avengers: Age of Ultron, walau WandaVision menunjukan easter egg yang sepertinya menjadi petunjuk kemunculan kembali Von Strucker di masa mendatang. Meski Von Strucker bisa saja tidak muncul di The Falcon and the Winter Soldier, namun LAF mungkin saja akan tetap direkrut oleh penjahat utama dalam serial ini, siapa lagi jika bukan Helmut Zemo.

Selain LAF, Flag-Smashers adalah kelompok kriminal lain yang akan membuat kekacauan di serial The Falcon and the Winter Soldier. Ancaman apapun yang akan muncul di MCU, Sam dan Bucky sepertinya harus bekerjasama untuk mengatasi semuanya dengan baik.(*)

Related Articles
Entertainment
Akan Ada Banyak Easter Egg MCU di The Falcon and The Winter Soldier. Apa Saja?

Entertainment
MCU Konfirmasi Serial Superhero Baru untuk Disney+, Moon Knight dan She Hulk

Hobi
MCU Dikabarkan Sedang Memproduksi Reboot Film X-Men, "The Mutants"