Tech

Geely Luncurkan Brand Baru Agar EV-nya Bisa Saingi Tesla

Jingga Irawan

Posted on March 20th 2021

Foto: Autocar

Perusahaan kendaraan asal Tiongkok, Geely, berencana meluncurkan kendaraan listrik di bawah merek baru, dengan strategi branding dan penjualan yang berbeda. Dilansir dari Autocar, Sabtu (20/3), langkah besar ini dilakukan Geely untuk hadapi saingan utama para pengembang EV (Electric Vehicle), Tesla, dengan kendaraan kelas atas.

Merek yang rencananya diposisikan dalam segmen premium tersebut diberi nama 'Zeekr'. Serta akan ditempatkan di bawah kembangan entitas EV baru milik Geely, yakni Lingling Technologies, kata seorang sumber yang dikutip secara anonim. 

Pemilik Volvo Cars dan 9,7 persen saham Daimler itu bakal meluncurkan model kendaraan segmen premium di bawah merek baru yang menggunakan platform open-source EV barunya juga, bernama Sustainable Experience Architecture (SEA). Upaya baru ini sejalan dengan ambisi lama pendiri sekaligus Chairman Geely Li Shufu, untuk membuat mobil premium sekelas Mercedes-Benz, dalam misi persaingan melawan Tesla.

Geely juga bakal meniru taktik pemasaran yang dipelopori oleh Tesla. Yakni, menjual mobil harga tetap dengan membuka showroom di pusat kota.

“Mobil bensin tradisional dan kendaraan listrik adalah dua jalur balap bisnis. Geely tidak memiliki keunggulan yang jelas pada kendaraan listrik saat ini sehingga tampak ingin menyelesaikan inovasinya sendiri dengan menciptakan merek baru,” kata Alan Kang, Analis di konsultan otomotif LMC Automotive.

Perusahaan yang berbasis di Hangzhou itu juga merencanakan beragam strategi pendekatan yang lebih dalam dengan pembeli EV. Langkah ini merujuk pada pemberian sentuhan life-style, seperti pakaian dan aksesori hingga meluncurkan klub pemilik mobil, taktik serupa yang digunakan oleh pabrikan kendaraan Tiongkok lainnya, Nio. Sayangnya, Geely belum menanggapi rumor yang beredar.

Banyak pabrikan mobil konvensional saat ini telah menggunakan merek baru untuk meluncurkan unit EV mereka. Saingan Geely, yakni Great Wall, dan SAIC Motor telah meluncurkan merek EV mandiri baru masing-masing. (*)

Artikel Terkait
Tech
Saingi Gigafactory Tesla Di Eropa, Volvo Produksi Baterai Bareng Northvolt

Tech
Pakar: Saingan Terbesar Tesla Bakal Datang dari Tiongkok

Tech
BMW Memperkenalkan Mobil yang Bisa Berubah Warna