Entertainment

Sudah Tayang! Berikut Perbedaan Justice League Zack Snyder dengan Joss Whedon

Jingga Irawan

Posted on March 18th 2021

Setelah ada banyak kritik pada Justice League 2017, Zack Snyder akhirnya mengambil alih untuk membuat tampilan superhero DC tersebut menjadi lebih baik. Dulu, para penggemar yang merasa kecewa oleh hasil karya Whedon rame-rame menggruduk Warner Bros melalui cuitan di media sosial Twitter agar merilis Justice League versi Zack Snyder.

Fenomena ini kemudian menjadikan Justice League sebagai film yang paling dibicarakan sepanjang sejarah gengs. Sekarang, hampir empat tahun lamanya menunggu, keinginan fans DC akhirnya menjadi kenyataan! Justice League Zack Snyder resmi rilis hari ini di HBO Max, Kamis (18/3) di AS.

Akan tetapi, pertanyaan terbesarnya adalah, apa sih perbedaan dari kedua film itu, kalau sama saja kenapa mesti nonton lagi?

Nah, ada kemungkinan kualitas keduanya memang nggak jauh berbeda. Kendati demikian, para pengamat film menjamin tampilan visual milik Snyder akan terlihat lebih bagus. Ditambah, terdapat pendalaman cerita, maka dari itu waktu pemutaran pun dibuat lebih panjang. But, Who knows?! mungkin bakal ada kejutan baru di tengah penayangan film bagi penggemar.

Berikut adalah beberapa perbedaan yang mungkin tampak dalam Justice League (2017) dan Snyder Cut:

Runtime

Dalam industri film, sutradara selalu ingin memastikan bahwa mereka menceritakan kisahnya dalam porsi waktu yang tepat. Untuk Whedon, Justice League-nya berdurasi 120 menit.

Namun, fitur milik Zack Snyder akan memakan waktu hingga 242 menit, dua kali lipat dari milik Whedon. Hal ini memungkinkan Snyder untuk bermain-main dengan karakter dan memperdalam kisah seperti yang dia inginkan.

Gaya Visual

Kritikus sepakat bahwa, sutradara andalan kita semua, Zack Snyder sangat memperhatikan penyajian tampilan setiap adegannya. Mereka menyebut gaya visual Snyder dalam film hampir “tak bernoda”.

Menurut banyak ahli, dari CGI hingga sinematografinya, semua garapan Snyder memiliki gaya berbeda, yang mana tidak dapat ditemukan di sutradara lain, ngeri gak tuh? Sementara, Justice League (2017) memiliki kekurangan di berbagai elemen, terutama CGI. Untungnya, pengemasan akhir Whedon mampu menolong keseluruhan film.

Darkseid

Dalam Justice League (2017) Darkseid adalah nama singkat yang diucapkan Steppenwolf tentang Dewa Baru dan salah satu musuh terbesar yang akan dihadapi Justice League. Ketika para penggemar mendengar penyebutan singkat tentang salah satu penjahat terburuk DC, mereka dituntun untuk percaya bahwa dia mungkin muncul dalam sekuel filmnya.

Namun, karya Snyder akan melakukan lebih dari sekedar menunjukkan penggemar kisah singkat tentang Darkseid. Darkseid akan menjadi faktor besar dalam film tersebut, dan akan dilihat sebagai sosok yang nyata, berkat aksi laga dari aktor Ray Porter. Jika benar, Darkseid akan menjadi aspek terbesar dari Justice League Zack Snyder.

Lebih Banyak Karakter

Martian Manhunter, Iris West, the Joker, Deathstroke, Granny Goodness, DeSaad, dan Ryan Choi hanyalah beberapa dari banyak karakter yang akan muncul sebagai tambahan baru pada Snyder Cut. Dari karakter besar hingga kecil dalam Justice League membuat kemungkinan kejutan lain yang tidak terbatas.

Fokus Pada Cyborg

Memperkenalkan karakter sebanyak mungkin berarti Justice League harus memberikan porsi fokus yang sama. Pada Justice Leagues (2017), Cyborg diberi perhatian yang sangat sedikit, sampai di titik dimana seluruh asal muasalnya ditutup-tutupi.

Sedangkan, teaser untuk Snyder Cut telah memperlihatkan bahwa akan ada banyak perubahan untuk Cyborg. Dari kemungkinan asal-usulnya sampai adegan emosional antara dia dan ayahnya. Selain Darkseid, Cyborg bisa menjadi karakter pemenang terbesar dari Snyder Cut.

Knightmare is Back!

Kalian ingat nggak urutan Knightmare aneh dari Batman v Superman, di mana Bruce berhalusinasi tentang akhir dunia?. Well, sayangnya hal itu tidak pernah diangkat lagi dalam Justice League yang dirilis 4 tahun lalu. Sedangkan, dalam Justice League 2021 tentunya Zack Snyder bakal membawa banyak hal bersamaan dengan kembalinya Knightmare.(*) 

Related Articles
Entertainment
6 Fakta Unik dari Zack Snyder di Balik Pembuatan ‘Justice League Snyder Cut’

Entertainment
Setelah 'Justice League', Warner Bros. Coba Saling Hubungkan Filmnya Lagi

Entertainment
Fun Fact: Ben Affleck & Jared Leto Tidak Syuting Bersamaan untuk Batman-Joker