Entertainment

The Weeknd Akan Rilis Ulang ‘House of Baloons’, Album Pembawa Kesuksesan Pertama

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 18th 2021

The Weeknd (Foto: Nina Westervelt for The New York Times)

The Weeknd merayakan 10 tahun usia album perdana yang dirilisnya, House of Balloons. Mixtape debut karier bermusiknya ini akan dirilis ulang secara digital dan vinyl edisi terbatas pada Minggu (21/3) mendatang, tepat pada tanggal rilisnya di tahun 2011.

Dulunya, mixtape (album yang diproduksi sendiri, bukan oleh label) House of Balloons  dirilis secara gratis di web resmi The Weeknd sebagai debut karier musik artis tersebut. Mixtape tersebut jadi karya pertama yang serius dirilis oleh penyanyi bernama asli Abel Tesfaye itu dan bisa dibilang berhasil mengawali kariernya di dunia hiburan.

Setelah merilis House of Ballons, pelantun The Hills ini juga merilis mixtape bertajuk Thursday dan Echoes of Silence. Masih di tahun 2011, ia menggabungkan ketiga mixtape tersebut menjadi album Trilogy. Kompilasi tersebut meledak dan menempati posisi keempat tangga lagu Billboard 200 dan Billboard R&B/Hip-Hop Albums pada 2012.

Melalui media sosialnya, Abel mengumumkan peluncuran ulang album pertamanya itu. ”Di hari Minggu aku merayakan ulang tahun House of Balloons dengan merilisnya di semua platform streaming untuk pertama kalinya dalam versi orisinalnya. Sekalian sama mix orisinal dan sampelnya,” ujar penampil Super Bowl LV tersebut.

House of Balloons mengambil sampel dari musisi seperti Cocteau Twins, Beach House, Aaliyah, dan Siouxsie and the Banshees. Wah, bakal gimana ya kedengarannya?

Di luar itu, The Weeknd baru saja memutuskan untuk memboikot ajang penghargaan Grammy Awards. Ia melarang timnya untuk mengirimkan karyanya pada panitia ajang tersebut setelah gagal masuk di nominasi apapun tahun ini. Pelantun Save Your Tears ini menyangkan betapa tidak transparannya proses pemilihan karya.

Walaupun gagal dan gak akan lagi masuk ke Grammy Awards, penyanyi yang punya alter-ego pria terluka dengan jas merah itu berhasil memenangkan enam piala di JUNO Awards. Ajang tersebut adalah penghargaan untuk musisi asal Kanada. (*)

 

Artikel Terkait
Entertainment
The Weeknd Rilis Mixtape ’Thursday’ Sebagai Album, Flash Back ke Awal Karier

Entertainment
The Weeknd Rilis MV Lagu Hits 2011 ‘Echoes of Silence’, Super Futuristik

Entertainment
Post Malone dan The Weeknd Kode-Kode Akan Rilis Lagu Baru ‘One Right Now’