Tech

Pengguna Instagram Dewasa Kini Gak Bisa DM Remaja Kalau Gak Di-Follback

Cegah pelecehan yang kian marak terjadi.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 17th 2021

(Foto: Instagram)

Instagram berusaha bikin platform mereka lebih aman buat para remaja dengan beberapa fitur baru. Media sosial ini tidak akan memungkinkan pengguna dewasa buat DM pengguna remaja kalau gak diikuti kembali (follow back) sebagai pencegahan pelecehan via teks yang mungkin terjadi.

Proteksi tersebut akan otomatis aktif. Misalnya ada akun dewasa mencoba mengirim direct message pengguna di bawah usia 18 tahun. Bakal muncul notifikasi DM gak bisa digunakan untuk akun target tersebut.

Mungkin yang terlintas di benak adalah “Kan gampang buat memalsukan tahun lahir pas bikin akun?“ Nah, buat mendukung fitur tersebut, Instagram juga menyiapkan kecerdasan buatan baru untuk mendeteksi usia pengguna yang sesungguhnya.

Jadi, buat kamu yang berusia 13 tahun dan mencoba bikin akun Instagram, ke depannya bakal jauh lebih sulit. Batas minimum usia pengguna media sosial satu ini kan 13 tahun tuh. Buat para predator juga gak bisa memalsukan usia jadi seumur remaja karena adanya teknologi pendeteksi usia tersebut. Belum jelas dengan cara apa aplikasi ini bakal menjalankan teknologi tersebut, tapi ini langkah yang bagus banget biar kita lebih terlindungi.

Kalau ada remaja yang baru banget bikin akun Instagram, kini aplikasi di bawah naungan Facebook tersebut mengarahkan untuk mengatur akun jadi private. Biasanya kan akun kita otomatis public sampai kita atur. Sekarang saat pertama kali mendaftar, langsung muncul pilihan untuk membuat akun private atau public.

(Foto: Instagram)

Kalau kita pilih public, Instagram akan mengimbau untuk mengubahnya jadi private. Gak memaksa sih, hanya mengingatkan. Bakal ada notifikasi untuk ”menekankan keuntungan akun private dan mengingatkan untuk selalu cek pengaturan privasi.“

Selain itu, Instagram juga akan terus mengingatkan remaja kalau melakukan interaksi dengan profil yang berusia dewasa.

Bakal ada Safety Notices dalam bentuk notifikasi pengingat tidak perlu menjawab DM jika merasa tak nyaman, hanya bagikan konten ke orang yang tepercaya, dan imbauan untuk berhati-hati kalau diajak pindah platform buat nge-chat. Di notifikasi tersebut, kita juga bisa ambil tindakan restrict, report, atau block akun.

(Foto: Instagram)

Langkah lain yang disiapkan Instagram adalah menghambat akun yang punya tingkah mencurigakan untuk berinteraksi atau menemukan akun remaja. Misalnya pengguna tersebut gak bisa lihat akun remaja di bagian Suggested Accounts, secara otomatis mencegah konten feeds atau Reels yang dibuat remaja muncul, dan langsung menyembunyikan komentar yang dibuat di unggahan post akun remaja.

Sebuah akun bisa dicurigai kalau mengirim banyak DM ke akun pengguna di bawah 18 tahun atau follow banyak akun remaja.

Semua fitur perlindungan terhadap remaja ini bakal dirilis secara global dalam waktu dekat, namun belum jelas kapan.

Nah, penting banget buat tetap menjaga diri di dunia maya. Mungkin kamu gak bisa bikin akun private karena mau jadi selebgram (atau lagi ada tugas sekolah yang perlu likes), tapi hindari mem-follow back orang yang gak dikenal. Kalau kita gak follback, Instagram bisa punya kesempatan tuh buat melindungi.

Di luar itu, Instagram juga menerapkan kebijakan baru untuk akun yang melecehkan melalui direct message. (*)

Related Articles
Tech
Instagram Akan Rilis Fitur Filter Kata-Kata Kasar untuk Lindungi Pengguna

Tech
Instagram Blokir Pengguna yang Melecehkan di DM, Cegah Hate Speech dan Rasisme

Tech
8 Update Direct Message Instagram Mulai dari Emoji Custom sampai Mode Menghilang