Current Issues

Sudah Nggak Dilarang, Ini Syarat Biar Bisa Mudik Lebaran 2021

Dwiwa

Posted on March 17th 2021

Lebih dari setahun telah berlalu semenjak pandemi Covid-19 pertama kali diumumkan muncul di Indonesia. Semenjak itu, mobilitas masyarakat diatur dengan begitu ketat. Bahkan tahun lalu, mudik lebaran dilarang demi mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19.

Tetapi tahun ini, para perantau sepertinya tidak lagi harus menahan rindu untuk kembali ke kampuung halaman. Pasalnya, pemerintah telah memberikan lampu hijau orang untuk bisa mudik lebaran 2021.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI kemarin (16/3). Dalam kesempatan itu, Budi menyampaikan jika meskipun mudik lebaran kembali diijinkan, tetapi ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemudik.

Menurut Budi, hal ini guna mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah pemudik saat lebaran. Lonjakan ini kemungkinan bisa terjadi karena sudah banyak masyarakat yang mendapatkan vaksin Covid-19.  Selain itu, penggunaan tes GeNose yang semakin banyak dilakukan juga membuat masyarakat merasa lebih aman untuk bepergian. Ditambah lagi adanya PPnBM 0 persen.

Lalu apa saja sih syarat yang harus dipenuhi agar bisa melakukan mudik lebaran tahun ini? Menurut keterangan Budi, dalam mudik lebaran 2021 akan diberlakukan pengetatan protokol kesehatan mulai dari keberangkatan, dalam perjalanan hingga di tempat kedatangan.

Selain itu, orang-orang yang melakukan perjalanan akan secara ketat dilakukan pelacakan. Hal lain yang akan dilakukan oleh pemerintah adalah memperpendek masa berlaku hasil tes Covid-19 seperti PCR, rapid test hingga GeNose.

Tidak hanya itu saja, protokol kesehatan seperti memakai maske, menjaga jarak, disinfeksi sarana prasarana, melakukan pembatasan penumpang hingga mengatur jadwal pelayanan juga akan dilakukan lebih ketat.

Jadi, siapa nih yang sudah pesan tiket untuk mudik lebaran tahun ini? (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Berlaku Mulai 1 April, Ini Aturan Baru Jika Ingin Melakukan Perjalanan

Current Issues
Resmi, Pemerintah Larang Mudik Lebaran 2021

Current Issues
Hasi Uji Covid-19 Negatif Tetapi Kok Terinfeksi dan Menular? Ini Loh Alasannya