Esports

Ingin Win Streak? Jalankan 5 Strategi League of Legends: Wild Rift Berikut Ini

Ridho

Posted on March 16th 2021

League of Legends: Wild Rift adalah salah satu game MOBA besutan Riot Games yang sangat mengandalkan perhitungan strategi dalam meraih kemenangan. Berkaca pada kompetisi Wild Rift SEA Icon Series: Pra Season 2021 yang tengah digelar, kalian bisa melihat beberapa strategi yang ditunjukkan oleh para tim peserta.

Kompetisi tersebut memperlihatkan strategi sederhana namun menarik untuk disimak dan mudah untuk dipelajari. Berikut lima strategi sederhana dalam permainan League of Legends.

Bush and Ambush

Bush and Ambush atau yang lebih dikenal dengan ganking, bisa jadi kunci penentu kemenangan sebuah tim. Ganking seringkali dilakukan untuk mendapatkan keuntungan baik dari gold maupun exp.

Gank yang sukses dapat memberikan kalian keuntungan didalam game dan juga memperlambat progres lawan ketika mencari gold dan exp. Dengan ganking, kalian juga akan bisa membantu lane rekan satu tim yang kesulitan dan memberikan jeda waktu untuk melakukan push ataupun objektif seperti Baron. Namun dalam LoL, ganking akan semakin sulit karena adanya fitur Ward atau Trinket Lens.

Counter Pick

Pemilihan Champion di Wild Rift memang sangat penting dan terbukti kerap digunakan oleh pro-player. Tujuannya, agar Champion yang kalian pilih bisa untuk mengimbangi atau mengatasi lawan yang berada di lane yang sama.

Sebagai contoh, ketika lawan menggunakan Champion Lee Sin untuk dijadikan jungler, kalian bisa memilih Champion Vi atau Amumu untuk memberikan counter bagi gerakan lincah yang ada pada tiap kit Lee Sin. Tak hanya itu, strategi ini sangat membantu peluang kemenangan team-war atau solo-war juga. 

Counter Item/Build

Item atau Build adalah sisi penting lain yang tak boleh kalian lewatkan. Dalam pemilihan item, kalian harus benar-benar memahami fungsi tiap item. Sehingga dengan build asal-asalan, kalian akan kesulitan sepanjang pertandingan.

Counter item/build bertujuan untuk menambah kemampuan Champion kalian hingga lebih kuat guna membuat lawan merasa terganggu ketika berhadapan langsung dengan kalian. Sebagai contoh, ketika lawan kalian membuat armor atau defense full, kalian bisa membeli item penetration untuk menembus armor lawan.

Split Push

Split push adalah teknik yang membuat satu lane menjadi lebih sibuk. Dengan kata lain, kalian juga bisa melakukan push terhadap side lane lain sementara rekan setim menekan side lane lain dan menahan lawan yang mencoba kembali ke base.

Strategi ini kerap digunakan dengan timing yang pas untuk menghancurkan turret di salah satu sisi.

Sebagai contoh, ketika 4 rekan tim kalian mencoba menembus pertahanan atau turret lawan dari arah Dragon Lane, kalian bisa mencoba menyerangnya dari arah Baron Lane. Ketika kalian mencoba untuk masuk terus, semua rekan setim kalian bisa mencoba mundur perlahan.

Tujuannya agar semua musuh yang melakukan team-fight di Dragon Lane dan akan terpancing maju. Sehingga kalian bisa seorang diri menghancurkan turret musuh.

Backdoor

Teknik ini dibutuhkan kecerdikan dan pengamatan yang tinggi. Sebab, backdoor adalah cara menyerang base lawan secara diam-diam tanpa bantuan minion sama sekali.

Walaupun sulit di terapkan, kalian bisa bisa mencoba strategi ini karena di Wild Rift terdapat fitur ward yang memudahkan kalian untuk melakukannya dengan bantuan sepatu teleport.

Bantuan dari sepatu teleport bisa memudahkan kalian melakukan rotasi. Akan tetapi, kalian perlu object untuk dijadikan target teleport. Dan ward menjadi pilihan sempurna untuk menerapkan strategi backdoor.

Sebagai tips, cobalah untuk meletakan ward di semak yang tak terlihat oleh lawan. Ketika kalian melakukan teleport, gerakan kalian tak akan terbaca oleh lawan.(*)

Artikel Terkait
Esports
Umumkan Update Patch 2.3, LoL Wild Rift Akan Kedatangan Champion dan Skin Baru

Esports
Ini Detail Update Patch 11.7 League of Legends

Esports
Server Amerika Sudah Dirilis, League of Legends Berikan 4 Poin Bagi Para Pemain