Tech

Zoom Escaper, Website Suara-Suara Mengganggu buat Jadi Alasan Keluar Zoom

Buat kamu yang pengin keluar Zoom tapi gak punya alasan kuat.

Kezia Kevina Harmoko

Posted on March 16th 2021

 

Pernah (atau sering) pengin keluar dari kelas Zoom, tapi nggak punya alasan dan takut gak diabsen? Pernah dong ya. Buat kamu yang lagi pengin menghindari kelas di aplikasi satu ini, ada sebuah web yang memungkinkan audio kalian terdengar berisik dan mengganggu.

Entah berisik karena anjing menggonggong atau adik menangis, web ini bisa membantu kamu beralasan keluar dari Zoom.

Web bernama Zoom Escaper ini dibuat oleh seniman bernama Sam Lavigne.

Ada delapan efek suara gangguan yaitu Echo (gema), Bad Connection (suara putus-putus gak jelas), Upset Baby (suara tangisan bayi meraung-raung perlu kasih sayang), Man Weeping (suara laki-laki menangis sesenggukan), Wind (suara angin berisik), Dogs (suara anjing menggonggong), Construction (suara pembangunan superproduktif), dan Urination (suara… pipis).

Intinya adalah web ini bakal memasukkan efek suara yang kamu pilih ke audio Zoom saat kamu bicara. Cara pakainya simpel. Kita tinggal kunjungi zoomescaper.com lalu unduh perangkat lunak audio bernama VB-Audio. Harus pakai software biar efek suaranya bisa masuk ke audio Zoom.

Setelah mengunduh VB-Audio, refresh webnya. Ganti pilihan output suara menjadi VB-Cable. Pindah ke Zoom dan atur sumber microphone jadi VB-Cable juga. Untuk pilihan supress background noise, pilih low. Pastikan pilihan high-fidelity music mode, echo cancellation, dan stereo audio semuanya tidak dicentang.

Nah sekarang tinggal masuk ke meeting Zoom. Kalau mau mengaktifkan efek suaranya, tinggal klik di webnya aja. Ingat, suara kita bakal terdengar normal di telinga kita. Tapi, efek suaranya akan terdengar oleh orang lain di Zoom.

Kita bisa pilih lebih dari satu efek suara untuk diaktifkan. Delapan-delapannya juga bisa—tapi gak realistis aja. Rumah macam apa ada suara gema, bayi meraung-raung, angin ribut, suara kuli sibuk, anjing gak bisa diam, pria menangis, suara pipis mengalir (ini paling gak realistis sih, mungkin bisa kalau kamu lagi di toilet terus mau izin), ditambah lagi koneksi bermasalah.

Pastikan pilih efek yang masuk akal aja. Misalnya orang-orang tahu kamu punya adik baru lahir, wajar buat pakai suara Upset Baby. Kan bisa tuh izin, ”Bu/Pak, maaf adik saya yang baru lahir lagi rewel, saya izin leave sebentar.“

Kalau kamu peliharanya sugar glider terus pilih efek anjing menggonggong... kan malah patut dipertanyakan. Efek suaranya terdengar nyata banget kok, asal pintar-pintar menyiasati timing dan alasannya~

Eits, tapi jangan mentang-mentang ada web ini jadi sering beralasan keluar Zoom ya. Kalau perlu banget aja. Jangan dijadikan senjata andalan buat bolos. Pendidikan mahal bos.

Lihat video tutorial pakai webnya di sini. (*)

Related Articles
Tech
Zoom Punya Fitur Baru, Siswa Tak Bisa Saling Ganggu dan Tetap Fokus

Tech
Meski Diblokir di AS dan India, TikTok Terbanyak Diunduh di Dunia Selama Agustus

Tech
Akhirnya Google Meet Rilis Fitur Virtual Background, Berusaha Mengejar Zoom